Cara Membuat LCD Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu ingin membuat LCD sederhana? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah cara membuat LCD sederhana yang mudah dipahami. Yuk, simak penjelasannya!

Persiapan

Sebelum memulai membuat LCD sederhana, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut adalah persiapan yang harus kamu siapkan:

  1. Arduino Uno
  2. LCD 16×2 karakter
  3. Potensiometer 10k ohm
  4. Kabel jumper
  5. Breadboard

Pastikan semua bahan tersebut tersedia sebelum memulai membuat LCD sederhana. Jika semua bahan sudah tersedia, maka kita bisa mulai membuat LCD sederhana.

Pendahuluan

Sebelum menjelaskan cara membuat LCD sederhana, ada beberapa konsep dasar yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa konsep dasar yang harus kamu pahami:

Arduino Uno

Arduino Uno adalah salah satu jenis papan mikrokontroler yang sangat populer. Papan Arduino bisa digunakan untuk membuat berbagai macam proyek elektronik, termasuk proyek LCD sederhana.

LCD 16×2 karakter

LCD 16×2 karakter adalah tampilan layar yang bisa digunakan untuk menampilkan teks. LCD ini memiliki 16 kolom dan 2 baris. Dalam proyek LCD sederhana, kita akan menampilkan pesan sederhana pada layar LCD.

Potensiometer 10k ohm

Potensiometer 10k ohm adalah komponen elektronik yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar LCD. Potensiometer ini digunakan untuk mengatur tegangan yang diterima oleh layar LCD sehingga bisa menampilkan teks dengan jelas.

Langkah-langkah

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, kita bisa mulai membuat LCD sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pasang LCD ke Breadboard

Langkah pertama adalah memasang LCD ke breadboard. Caranya, sambungkan kaki-kaki LCD ke breadboard menggunakan kabel jumper. Pastikan koneksi kabel jumper sudah benar dan kuat.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung PPH dan PPN Pembelanjaan Kantor Dinas

2. Pasang Potensiometer ke Breadboard

Langkah kedua adalah memasang potensiometer ke breadboard. Caranya, sambungkan kaki-kaki potensiometer ke breadboard menggunakan kabel jumper. Pastikan koneksi kabel jumper sudah benar dan kuat.

3. Sambungkan Kabel Jumper antara Arduino dan Breadboard

Langkah ketiga adalah menyambungkan kabel jumper antara Arduino dan breadboard. Caranya, sambungkan kabel jumper dari pin 5V pada Arduino ke baris positif pada breadboard. Kemudian, sambungkan kabel jumper dari pin GND pada Arduino ke baris negatif pada breadboard.

4. Sambungkan Kabel Jumper antara LCD dan Breadboard

Langkah keempat adalah menyambungkan kabel jumper antara LCD dan breadboard. Caranya, sambungkan kabel jumper dari kaki 1 pada LCD ke baris positif pada breadboard. Kemudian, sambungkan kabel jumper dari kaki 2 pada LCD ke baris negatif pada breadboard.

5. Sambungkan Kabel Jumper antara Potensiometer dan Breadboard

Langkah kelima adalah menyambungkan kabel jumper antara potensiometer dan breadboard. Caranya, sambungkan kabel jumper dari kaki tengah potensiometer ke baris positif pada breadboard. Kemudian, sambungkan kabel jumper dari kaki paling kiri potensiometer ke baris negatif pada breadboard.

6. Sambungkan Kabel Jumper antara LCD dan Potensiometer

Langkah keenam adalah menyambungkan kabel jumper antara LCD dan potensiometer. Caranya, sambungkan kabel jumper dari kaki 3 pada LCD ke kaki tengah potensiometer.

7. Sambungkan Kabel Jumper antara Arduino dan LCD

Langkah ketujuh adalah menyambungkan kabel jumper antara Arduino dan LCD. Caranya, sambungkan kabel jumper dari pin 12 pada Arduino ke kaki 4 pada LCD. Kemudian, sambungkan kabel jumper dari pin 11 pada Arduino ke kaki 5 pada LCD. Selanjutnya, sambungkan kabel jumper dari pin 5 pada Arduino ke kaki 6 pada LCD. Terakhir, sambungkan kabel jumper dari pin 4 pada Arduino ke kaki 7 pada LCD.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kue Cubit Sederhana Tanpa Mixer

8. Upload Program ke Arduino

Langkah terakhir adalah mengupload program ke Arduino. Kamu bisa menggunakan software Arduino IDE untuk membuat program dan menguploadnya ke Arduino Uno. Berikut adalah contoh program untuk membuat LCD sederhana:

Kode
Penjelasan
#include
Memanggil library LiquidCrystal
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);
Inisialisasi objek lcd
void setup()
Mengatur pin pada Arduino
{
  lcd.begin(16, 2);
Mengatur ukuran layar LCD
  lcd.print(“Hello, World!”);
Menampilkan pesan pada layar LCD
}
void loop()
Memulai program
{
}

Nah, itulah program sederhana untuk membuat LCD sederhana. Kamu bisa mengedit program tersebut atau membuat program sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu LCD?

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD merupakan suatu teknologi layar tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai medan listriknya.

2. Apa kegunaan dari potensiometer dalam proyek LCD sederhana?

Potensiometer digunakan untuk mengatur kecerahan layar LCD. Dengan mengubah nilai resistansinya, kita bisa mengatur tegangan yang diterima oleh layar LCD sehingga bisa menampilkan teks dengan jelas.

3. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat LCD sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat LCD sederhana antara lain Arduino Uno, LCD 16×2 karakter, potensiometer 10k ohm, kabel jumper, dan breadboard.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah belajar cara membuat LCD sederhana. Dalam membuat LCD sederhana, kita perlu mempersiapkan beberapa bahan seperti Arduino Uno, LCD 16×2 karakter, potensiometer 10k ohm, kabel jumper, dan breadboard. Setelah bahan-bahan sudah siap, kita bisa mengikuti langkah-langkah dan mengupload program ke Arduino. Dengan demikian, proyek LCD sederhana bisa berhasil dilakukan. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

TRENDING 🔥  Alat Peraga Sederhana Cara Pembuatan Struktur Bumi

Cara Membuat LCD Sederhana untuk Sobat Sederhana