Cara Membuat Kursi dari Bambu Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pernahkah kamu ingin membuat kursi dari bambu untuk duduk santai di taman atau di teras rumah? Ternyata membuat kursi dari bambu itu tidak sulit lho! Dalam artikel ini, kita akan belajar cara membuat kursi dari bambu sederhana dengan mudah dan praktis.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat kursi bambu, pastikan kita sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftarnya:

Alat
Bahan
Pisau tajam
Bambu
Gergaji kayu
Kain atau anyaman untuk jok kursi
Palu
Obeng
Paku atau sekrup
Lem kayu

Setelah menyiapkan alat dan bahan, kita bisa mulai membuat kursi bambu. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah-langkah Membuat Kursi Bambu

1. Potong Bambu Sesuai Ukuran

Langkah pertama adalah memotong bambu sesuai ukuran yang diinginkan. Misalnya untuk kursi dengan bingkai ukuran 60 cm x 60 cm, maka potong bambu menjadi 4 buah dengan panjang 60 cm dan 4 buah dengan panjang 50 cm.

2. Hubungkan Bambu dengan Sekrup atau Paku

Setelah itu, hubungkan bambu dengan sekrup atau paku. Pertama-tama, buat lubang pada bambu yang akan disambungkan dengan pisau atau bor. Kemudian, pasangkan sekrup atau paku pada lubang tersebut hingga kedua bambu tersambung dengan kuat.

3. Buat Bingkai Kursi dan Sandaran

Setelah bambu terhubung, kita bisa mulai membuat bingkai kursi dan sandarannya. Gunakan bambu dengan panjang 60 cm untuk membuat bingkai kursi dan bambu dengan panjang 50 cm untuk membuat sandaran kursi.

4. Pasang Sandaran ke Bingkai Kursi

Setelah bingkai dan sandaran kursi sudah jadi, selanjutnya pasang sandaran ke bingkai kursi dengan sekrup atau paku. Pastikan sandaran terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Jus Tomat Sederhana

5. Finishing dan Penambahan Jok

Setelah kursi bambu selesai dibuat, langkah terakhir adalah melakukan finishing dan penambahan jok. Oleskan lem kayu pada permukaan bambu dan biarkan mengering selama beberapa jam. Setelah itu, pasang kain atau anyaman untuk jok kursi agar lebih nyaman saat digunakan.

FAQ

1. Bagaimana cara memotong bambu yang benar?

Cara memotong bambu yang benar adalah dengan menggunakan pisau tajam atau gergaji yang cukup besar. Berdiri tegak dan pegang bambu dengan tangan kiri, kemudian potong bambu dengan tangan kanan menggunakan pisau atau gergaji.

2. Apakah kursi bambu tahan lama?

Ya, kursi bambu bisa tahan lama jika dibuat dengan benar dan dirawat dengan baik. Pastikan kursi bambu tidak terkena air atau sinar matahari langsung, dan jangan duduk terlalu lama pada kursi bambu karena bisa menyebabkan kerusakan.

3. Berapa biaya membuat kursi bambu?

Biaya membuat kursi bambu tergantung pada ukuran dan jenis bambu yang digunakan, serta bahan tambahan seperti kain atau anyaman untuk jok kursi. Secara umum, biaya membuat kursi bambu sederhana berkisar antara 200 ribu hingga 1 juta rupiah.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Kursi dari Bambu Sederhana