Cara Membuat Kulkas Sederhana Tanpa Listrik

Halo Sobat Sederhana! Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang banyak digunakan untuk menyimpan makanan yang mudah membusuk. Namun, tidak semua orang mampu membeli kulkas listrik yang mahal. Oleh karena itu, kali ini kita akan belajar cara membuat kulkas sederhana tanpa listrik. Simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulkas sederhana tanpa listrik ini. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Nama Bahan
Jumlah Bahan
Kotak Styrofoam
1 buah
Kantong Plastik
beberapa buah
Es Batu
beberapa bungkus
Garam
secukupnya

Pastikan semua bahan tersedia sebelum memulai pembuatan kulkas sederhana ini. Selanjutnya, kita akan masuk ke tahap selanjutnya.

2. Langkah-Langkah Membuat Kulkas Sederhana Tanpa Listrik

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat kulkas sederhana tanpa listrik ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Kotak Styrofoam

Pertama-tama, bersihkan kotak Styrofoam dan pastikan dalam keadaan kering. Kotak ini akan digunakan sebagai wadah untuk menyimpan makanan. Pastikan kotak dalam keadaan bersih ya.

2. Siapkan Kantong Plastik

Setelah itu, siapkan beberapa kantong plastik. Kantong plastik ini akan digunakan untuk membungkus makanan agar tidak terkontaminasi dengan es batu. Pastikan kantong plastik dalam keadaan bersih dan tidak sobek ya.

3. Siapkan Es Batu dan Garam

Selanjutnya, siapkan es batu dan garam. Garam digunakan untuk menghindari es batu meleleh terlalu cepat. Pastikan garam dalam keadaan cukup dan tidak terlalu banyak ya.

4. Letakkan Es Batu di Dasar Kotak Styrofoam

Masukkan es batu ke dalam kotak styrofoam sampai mencapai setengah dari kapasitas kotak. Pastikan es batu dalam keadaan utuh dan tidak hancur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Water Heater Sederhana Untuk Sobat Sederhana

5. Letakkan Kantong Plastik di Atas Es Batu

Setelah itu, letakkan kantong plastik di atas es batu. Kantong plastik ini digunakan untuk menyimpan makanan. Pastikan kantong plastik dalam keadaan kering.

6. Bungkus Makanan dengan Kantong Plastik

Bungkus makanan dengan menggunakan kantong plastik yang sudah disiapkan. Pastikan makanan dalam keadaan bersih dan tidak tercampur dengan benda lainnya.

7. Letakkan Makanan di Atas Kantong Plastik

Setelah makanan dibungkus dengan kantong plastik, letakkan makanan di atas kantong plastik yang sudah berada di dalam kotak styrofoam. Pastikan makanan dalam keadaan utuh dan tidak rusak.

8. Tutup Kotak Styrofoam

Terakhir, tutup kotak styrofoam dan pastikan tertutup rapat. Jangan lupa untuk menambahkan garam di atas es batu agar makanan lebih tahan lama.

3. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama makanan bisa bertahan dalam kulkas sederhana ini?

Makanan dapat bertahan selama 6-8 jam dalam kulkas sederhana ini jika menggunakan es batu yang cukup dan garam yang sesuai.

2. Bisa digunakan untuk menyimpan apa saja?

Ya, kulkas sederhana ini dapat digunakan untuk menyimpan makanan apa saja yang mudah membusuk seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan susu.

3. Apakah perlu diganti es batu dan garam secara berkala?

Ya, perlu diganti es batu dan garam setiap 6 jam agar efektivitasnya tetap terjaga.

4. Kesimpulan

Itulah cara membuat kulkas sederhana tanpa listrik. Meskipun sederhana, kulkas ini sangat berguna untuk menyimpan makanan di tempat yang tidak ada listrik. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Jangan lupa untuk mencobanya ya, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kulkas Sederhana Tanpa Listrik