Cara Membuat Kue Sus Basah Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue sus basah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Kue sus basah memang sangat populer di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Kue ini sangat cocok dijadikan camilan atau makanan ringan saat santai bersama keluarga atau teman. Yuk, langsung saja kita simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue sus, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
100 gram
Gula pasir
1 sendok makan
Garam
1/4 sendok teh
Unsalted butter
100 gram
Telur
3 butir
Air
200 ml

Bahan lain yang dibutuhkan adalah taburan gula halus dan selai sesuai selera.

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang akan digunakan. Timbang bahan dengan teliti agar proporsi adonan sesuai dengan resep.

2. Masak Air dan Butter

Larutkan butter di dalam air dan masak hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan gula pasir dan garam sambil terus diaduk.

3. Tambahkan Tepung Terigu

Setelah air dan butter mendidih, tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan mengental. Matikan kompor dan biarkan adonan dingin.

4. Masukkan Telur

Setelah adonan dingin, masukkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga adonan benar-benar tercampur rata.

5. Oven Kue

Setelah adonan siap, olesi loyang dengan margarin dan tuang adonan ke dalam loyang menggunakan sendok atau piping bag. Oven kue dalam suhu 190 derajat celcius selama 25-30 menit hingga kue matang dan berwarna kecoklatan.

6. Taburi Gula Halus dan Beri Selai

Setelah kue dingin, taburi gula halus di atas kue sesuai selera. Beri selai coklat atau strawberry di atas kue. Kue sus basah sederhana siap disajikan!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus protein tinggi?

Pada dasarnya, kue sus dapat dibuat menggunakan tepung terigu protein rendah maupun tinggi. Namun, sebaiknya gunakan tepung terigu protein rendah agar hasil kue lebih lembut dan berongga.

2. Apakah oven harus dalam suhu 190 derajat celcius?

Suhu oven dapat disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing. Namun, sebaiknya gunakan suhu 190 derajat celcius agar kue matang merata tanpa terbakar di bagian bawah.

3. Bisakah menggunakan margarin atau minyak goreng?

Tentu saja bisa, namun penggunaan unsalted butter akan memberikan rasa yang lebih enak pada kue sus. Margarin atau minyak goreng juga dapat digunakan sebagai pengganti.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kue sus basah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti resep ini, kamu bisa mencoba membuat kue sus yang lezat dan nikmat untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan dengan teliti dan mengikuti instruksi dengan baik agar kue sus basah sederhana yang kamu buat berhasil dan enak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Sus Basah Sederhana