Cara Membuat Kue Selai Nanas Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue selai nanas sederhana. Kue ini sangat cocok untuk dihidangkan sebagai camilan atau cemilan untuk keluarga dan teman-teman. Selain rasanya yang menyegarkan, membuat kue ini juga cukup mudah lho. Yuk, simak cara pembuatannya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue selai nanas sederhana, pastikan persiapan bahan-bahannya sudah lengkap ya Sobat Sederhana. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
300 gram
Butter
100 gram
Gula halus
150 gram
Putih telur
2 butir
Vanili bubuk
1 sendok teh
Keju parut
50 gram
Jeruk nipis
1 buah
Nanas
1 buah
Garam
1/4 sendok teh

Cara Membuat Kue Selai Nanas

1. Membuat Adonan Kue

Pertama-tama, campurkan terigu, butter, gula halus, vanili bubuk, dan putih telur ke dalam wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan adonan terlihat kalis.

Kemudian, diamkan adonan selama 15 menit agar adonan menjadi lebih kenyal dan mudah diolah. Sambil menunggu, panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius.

2. Membuat Selai Nanas

Lalu, buang bagian tengah nanas dan potong nanas menjadi ukuran kecil-kecil. Setelah itu, peras jeruk nipis di atas nanas agar nanas tidak mudah rusak dan rasanya lebih segar.

Setelah itu, masukkan nanas ke dalam blender dan haluskan hingga menjadi selai. Tambahkan sedikit air jika perlu agar selai menjadi lebih encer.

3. Membentuk Adonan Kue

Langkah selanjutnya adalah membentuk adonan kue. Ambil sejumput adonan, pipihkan, dan beri sedikit selai nanas sebagai isian.

Lalu, lipat adonan hingga menutupi selai nanas. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan tempatkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Ulangi hingga adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Robot Sederhana Tanpa Program Analog

4. Memanggang Kue Selai Nanas

Tata kue selai nanas di atas loyang dan beri parutan keju di atasnya. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

5. Sajikan Kue Selai Nanas

Setelah matang, angkat kue dan dinginkan sejenak. Kue selai nanas sederhana siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan nanas kaleng?

Bisa, namun rasanya tidak se-fresh jika menggunakan nanas segar.

2. Berapa lama kue selai nanas ini bisa disimpan?

Bisa disimpan maksimal 3 hari jika disimpan di dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam kulkas.

3. Apakah bisa mengganti selai nanas dengan selai buah lainnya?

Bisa, Sobat Sederhana bisa menggunakan selai buah sesuai dengan selera Anda.

4. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan sebagai variasi pada kue selai nanas?

Bahan-bahan yang bisa ditambahkan sebagai variasi pada kue selai nanas antara lain almon, coklat, atau cherry.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue selai nanas sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue selai nanas sederhana sekitar 1,5 jam.

Kesimpulan

Sekian tutorial cara membuat kue selai nanas sederhana dari kami. Selain mudah, kue ini juga enak dan cocok untuk dihidangkan pada acara-acara special maupun dijadikan camilan sehari-hari. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahannya dengan teliti dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik ya Sobat Sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Selai Nanas Sederhana