Cara Membuat Kue Red Velvet Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Kue red velvet merupakan salah satu kue yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Warna merah yang cantik dengan cita rasa yang manis dan sedikit asam membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Namun, tidak sedikit pula yang merasa kesulitan dalam membuat kue ini. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara membuat kue red velvet sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat kue red velvet, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, di antaranya:

Bahan
Jumlah
Terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Minyak sayur
100 ml
Telur ayam
2 butir
Coklat bubuk
1 sendok makan
Pewarna makanan merah
secukupnya
Baking powder
1 sendok teh
Soda kue
1/2 sendok teh
Cuka putih
1 sendok makan
Vanila extract
1/2 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Pastikan bahan-bahan yang digunakan telah terukur dengan tepat dan dalam keadaan bersih.

Langkah-Langkah

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, pastikan Sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

2. Campurkan Tepung Terigu

Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan garam ke dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.

3. Siapkan Adonan Basah

Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih kekuningan. Setelah itu, tuangkan minyak sayur dan vanila extract ke dalam campuran telur tadi. Aduk hingga tercampur rata.

4. Campurkan Adonan Kering dan Basah

Tuangkan campuran adonan kering ke dalam campuran adonan basah sedikit-sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tuangkan pewarna makanan merah secukupnya ke dalam campuran adonan tadi dan aduk hingga warnanya merata.

TRENDING 🔥  Cara Menjahit Baju Gamis Sederhana

5. Campurkan Baking Powder dan Soda Kue

Campurkan baking powder dan soda kue ke dalam cuka putih. Aduk hingga tercampur rata dan kemudian tuangkan ke dalam campuran adonan tadi. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

6. Panggang Adonan

Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan taburi tepung terigu. Tuangkan adonan kue ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Panggang adonan di dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celcius selama 30-35 menit atau hingga matang.

FAQ

1. Apakah Kue Red Velvet Sulit Dibuat?

Tidak, kue red velvet sebenarnya cukup mudah dibuat asalkan kita mematuhi langkah-langkah yang benar dan memperhatikan proporsi bahan yang digunakan. Selain itu, kue ini tidak memerlukan peralatan khusus.

2. Apa yang Menjadikan Kue Red Velvet Berwarna Merah?

Warna merah pada kue red velvet biasanya berasal dari pewarna makanan merah. Beberapa resep menggunakan rempah-rempah alami seperti bit merah untuk memberikan warna merah pada kue.

3. Apakah Kue Red Velvet Harus Menggunakan Cream Cheese Frosting?

Tidak, meski cream cheese frosting sering digunakan pada kue red velvet, tetapi kita juga bisa menggunakan frosting lain seperti buttercream atau whipped cream. Hal ini tergantung pada selera masing-masing.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kue red velvet sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara seksama, dijamin Sobat Sederhana akan berhasil membuat kue red velvet yang enak dan cantik. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kue Red Velvet Sederhana