Cara Membuat Kue Rainbow Cake Sederhana

Cara Membuat Kue Rainbow Cake Sederhana – Journal Article

Halo Sobat Sederhana, kue rainbow cake menjadi salah satu kue favorit banyak orang karena tampilannya yang cantik dan warna-warninya yang cerah. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk membuat kue rainbow cake sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat kue rainbow cake, ada beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
300 gram
Gula pasir
300 gram
Minyak sayur
200 ml
Susu cair
200 ml
Telur ayam
6 butir
Pewarna makanan
Sesuai selera
Baking powder
1 sendok teh
Essens vanila
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap sebelum memulai membuat kue rainbow cake.

Langkah-Langkah Membuat Kue Rainbow Cake Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat kue rainbow cake sederhana:

1. Siapkan Loyang

Panaskan oven terlebih dahulu suhu 180 derajat Celsius. Sambil menunggu oven panas, olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung agar kue tidak lengket saat diangkat. Jangan lupa juga untuk memasang kertas roti pada bagian dasar loyang.

2. Campur Bahan Kering

Ambil mangkuk besar, campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk rata menggunakan saringan atau whisk. Sisihkan.

3. Kocok Telur dan Gula

Ambil mangkuk lain, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan kaku.

4. Tambahkan Bahan Cair

Tambahkan minyak sayur, susu cair, dan essens vanilla ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata menggunakan whisk.

TRENDING 🔥  Resep Kue dan Masakan Sederhana dan Cara Membuatnya

5. Campurkan Bahan Kering dan Cair

Tuang campuran bahan kering ke dalam mangkuk adonan telur dan gula. Aduk perlahan hingga rata menggunakan spatula.

6. Bagi Adonan dan Tambahkan Pewarna Makanan

Bagi adonan menjadi beberapa mangkuk sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Tambahkan pewarna makanan secukupnya dan aduk rata.

7. Tuang Adonan ke Loyang

Tuang adonan pertama ke dalam loyang. Ratakan menggunakan spatula. Lakukan hal yang sama untuk adonan berikutnya dengan warna yang berbeda. Lakukan hingga semua adonan habis.

8. Panggang Kue

Letakkan loyang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang kue selama 25-30 menit atau hingga matang. Tes kematangan kue menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

9. Angkat dan Sajikan

Ambil loyang dari dalam oven. Diamkan sebentar hingga kue sedikit dingin. Angkat kue dari loyang dan letakkan di atas rak kawat hingga dingin. Setelah dingin, kue rainbow cake siap disajikan. Potong kue sesuai selera dan nikmati dengan segelas teh atau kopi.

FAQ

1. Apa itu kue rainbow cake?

Kue rainbow cake adalah kue lapis yang terdiri dari beberapa lapisan dengan warna-warna yang berbeda. Kue ini memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Biasanya kue ini disajikan pada acara-acara spesial seperti ulang tahun atau perayaan lainnya.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue rainbow cake?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue rainbow cake antara lain tepung terigu, gula pasir, minyak sayur, susu cair, telur ayam, pewarna makanan, baking powder, essens vanila, dan garam.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue rainbow cake?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue rainbow cake sekitar 30-45 menit, tergantung skill dan kecepatan dalam mengolah adonan. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue sekitar 25-30 menit.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Anak Kecil Sederhana

4. Apakah kue rainbow cake sulit untuk dibuat?

Tidak, kue rainbow cake tidak sulit untuk dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dan teliti, kue rainbow cake bisa dibuat dengan mudah.

5. Berapa jumlah porsi yang dihasilkan dari resep kue rainbow cake ini?

Resep kue rainbow cake ini dapat menghasilkan sekitar 8-10 porsi kue.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah mudah untuk membuat kue rainbow cake sederhana di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang tidak sulit, kue rainbow cake bisa menjadi pilihan yang tepat untuk acara spesial atau sekadar camilan di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kue Rainbow Cake Sederhana