Cara Membuat Kue Putu Ayu Sederhana dan Enak

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue putu ayu yang sederhana dan enak. Kue putu ayu merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kue ini biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan saat bertemu dengan keluarga atau teman. Kue putu ayu memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut dan aroma pandan yang harum. Kue ini juga sangat mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat kue putu ayu sederhana dan enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue putu ayu sangat sederhana dan mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Telur ayam
3 butir
Santan kental
200 ml
Pandan
2 lembar
Garam
1/4 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Cara membuat kue putu ayu

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kue putu ayu sederhana dan enak:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue putu ayu. Pastikan bahan-bahan sudah diukur dengan benar dan disiapkan di meja dapur.

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam

Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah dan aduk rata.

3. Masukkan telur dan santan

Tambahkan telur dan santan ke dalam campuran tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

4. Tambahkan daun pandan

Potong-potong daun pandan menjadi kecil-kecil dan masukkan ke dalam adonan. Aduk rata hingga daun pandan tercampur dengan adonan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Tiramisu Sederhana

5. Panaskan kukusan

Panaskan kukusan dengan api sedang dan beri alas daun pandan atau kertas minyak pada loyang kukusan agar adonan tidak lengket.

6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan

Tuangkan adonan ke dalam cetakan putu ayu hingga setengah bagian tertutup. Jangan terlalu penuh agar putu ayu bisa mengembang dengan baik.

7. Kukus adonan

Kukus adonan selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang. Tes dengan menusuk putu ayu dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel berarti putu ayu sudah matang.

8. Angkat putu ayu dari kukusan

Angkat putu ayu dari kukusan dan biarkan dingin sejenak. Setelah itu, keluarkan putu ayu dari cetakan dan susun di atas piring saji. Sajikan putu ayu sederhana dan enak bersama keluarga atau teman.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Apakah bisa menggunakan tepung ketan untuk membuat kue putu ayu?

Bisa, namun hasilnya akan sedikit berbeda dengan menggunakan tepung terigu. Jika menggunakan tepung ketan, putu ayu akan lebih kenyal dan sedikit lengket.

2. Kenapa harus menggunakan daun pandan?

Daun pandan digunakan sebagai pewangi dan memberikan aroma yang harum pada putu ayu. Jika tidak suka atau tidak ada daun pandan, bisa menggunakan extract pandan sebagai pengganti.

3. Berapa lama durasi pengukusan kue putu ayu?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus putu ayu sekitar 15-20 menit atau hingga matang. Pastikan adonan benar-benar matang agar putu ayu yang dihasilkan enak dan lezat.

4. Bisa menggunakan gula kelapa?

Bisa, namun akan memberikan warna kue yang lebih gelap dan rasa yang berbeda. Jika ingin menggunakan gula kelapa, pastikan untuk menghaluskan gula kelapa terlebih dahulu sebelum digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Styrofoam Sederhana

5. Apakah bisa menambahkan topping pada putu ayu?

Bisa. Topping yang bisa ditambahkan antara lain kelapa parut dan gula merah. Tambahkan kelapa parut atau gula merah pada permukaan putu ayu sebelum dikukus.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membuat kue putu ayu sederhana dan enak. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat kue putu ayu yang lezat di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan sajikan bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kue Putu Ayu Sederhana dan Enak