Cara Membuat Kue Lapis Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat kue lapis sederhana yang enak dan mudah dibuat di rumah. Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue lapis sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

100 gram tepung terigu
100 gram tepung sagu
200 ml santan kental
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanili bubuk
2 tetes pewarna makanan
500 ml air
1/2 sendok teh garam
Minyak sayur secukupnya

Setelah semua bahan disiapkan, kamu bisa mulai membuat kue lapis sederhana tersebut.

Cara membuat kue lapis sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat kue lapis sederhana:

Langkah 1: Membuat adonan beras

Pertama-tama, kamu harus membuat adonan beras terlebih dahulu. Caranya, campurkan tepung terigu dan tepung sagu ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata.

Langkah 2: Membuat adonan santan

Selanjutnya, campurkan santan kental, gula pasir, vanili bubuk, pewarna makanan, dan garam ke dalam wadah yang berbeda. Aduk rata hingga gula larut dan tercampur sempurna dengan santan.

Langkah 3: Mencampurkan adonan beras dan santan

Tuangkan sedikit-sedikit adonan santan ke dalam adonan beras sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Lakukan hal ini sampai semua adonan santan habis dicampurkan dengan adonan beras.

Langkah 4: Memasak adonan kue lapis

Panaskan loyang atau wajan datar di atas kompor dengan api kecil. Oleskan sedikit minyak sayur pada loyang atau wajan datar tersebut. Tuangkan adonan kue lapis ke dalam loyang atau wajan datar. Tunggu hingga adonan mengental dan tampak berlapis-lapis. Setelah itu, oleskan lagi sedikit minyak sayur pada permukaan adonan. Lakukan hal ini terus menerus hingga semua adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bakwan Tempe Sederhana

Langkah 5: Memanggang kue lapis

Setelah adonan kue lapis matang, letakkan loyang atau wajan datar tersebut di atas kompor dengan api kecil. Panggang kue lapis hingga matang dan permukaannya tampak kecoklatan. Angkat dan biarkan dingin sejenak.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue lapis terlalu kental?

Jika adonan kue lapis terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air atau santan untuk membuatnya lebih encer. Jangan lupa untuk mengaduk rata agar tidak ada gumpalan pada adonan.

2. Apa yang harus dilakukan jika kue lapis mudah pecah atau tidak kenyal?

Jika kue lapis mudah pecah atau tidak kenyal, kamu bisa menambahkan sedikit tepung sagu atau tepung terigu pada adonan. Pastikan kamu mengaduk rata agar adonan tidak bergerindil atau menggumpal.

3. Apakah kue lapis sederhana bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, kue lapis sederhana bisa disimpan dalam waktu yang lama. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam lemari es agar tetap segar dan tahan lama.

Penutup

Itulah cara membuat kue lapis sederhana yang mudah dan enak. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat kue lapis di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Lapis Sederhana