Cara Membuat Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue kukus sederhana tanpa mixer. Kue kukus merupakan salah satu jenis kue yang populer di Indonesia. Biasanya kue kukus dibuat dengan menggunakan mixer, namun ternyata kue kukus juga bisa dibuat tanpa menggunakan mixer lho. Yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai membuat kue kukus sederhana tanpa mixer, kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
150 gram
Telur ayam
4 butir
Santan kental
200 ml
Baking powder
1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kita bisa langsung memulai membuat kue kukus sederhana tanpa mixer.

Langkah-Langkah Membuat Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Berikut langkah-langkah membuat kue kukus sederhana tanpa mixer:

1. Ayak tepung terigu dan baking powder

Pertama-tama, ayak tepung terigu dan baking powder ke dalam wadah. Hal ini berguna untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan yang ada pada tepung terigu dan membuat adonan kue kukus menjadi lebih lembut.

2. Campurkan gula pasir ke dalam tepung terigu yang sudah diayak

Setelah tepung terigu dan baking powder sudah diayak, campurkan juga 150 gram gula pasir ke dalamnya. Aduk rata menggunakan sendok kayu.

3. Masukkan telur ayam satu persatu

Selanjutnya, masukkan telur ayam satu persatu ke dalam adonan tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata setiap kali telur dimasukkan.

4. Tambahkan santan kental

Setelah telur tercampur rata dengan adonan tepung terigu dan gula pasir, tambahkan 200 ml santan kental ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Jaringan LAN Sederhana

5. Tambahkan pewarna makanan (optional)

Jika ingin membuat kue kukus berwarna, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata hingga warna merata ke seluruh adonan.

6. Siapkan kukusan

Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Olesi loyang atau cetakan kue dengan margarin atau butter supaya kue tidak lengket.

7. Tuang adonan ke dalam cetakan kue

Tuang adonan ke dalam cetakan kue atau loyang yang sudah diolesi margarin atau butter sebanyak ¾ bagian saja. Hal ini dilakukan agar saat kue dikukus, adonan kue bisa mengembang dengan baik.

8. Kukus adonan kue

Letakkan cetakan kue ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus adonan kue selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang. Cek kematangan kue dengan menusukkan lidi ke dalam kue, jika lidi keluar bersih berarti kue sudah matang sempurna.

9. Angkat kue dan biarkan dingin

Setelah kue kukus matang, angkat kue dari kukusan dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah membuat kue kukus tanpa menggunakan santan?

Bisa, Anda bisa menggunakan susu cair atau air untuk menggantikan santan. Namun, rasa dan tekstur kue akan berbeda jika menggunakan susu cair atau air.

2. Bagaimana cara menghindari adonan kue yang menggumpal?

Caranya adalah dengan ayak tepung terigu dan baking powder terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan yang ada pada tepung terigu dan membuat adonan kue kukus menjadi lebih lembut.

3. Apakah kue kukus bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Bisa, kue kukus bisa tahan selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es. Namun, pastikan kue sudah dingin terlebih dahulu sebelum disimpan agar kue tidak berjamur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Stored Procedure di SQL Server Sederhana

4. Bisakah menggunakan tepung terigu protein rendah?

Bisa, namun kue kukus yang dihasilkan mungkin tidak akan mengembang atau teksturnya kurang lembut.

5. Bagaimana cara membuat kue kukus tanpa menggunakan loyang atau cetakan?

Anda bisa menggunakan daun pisang atau daun pandan sebagai alas untuk adonan kue. Kemudian, bungkus adonan kue menggunakan daun pisang atau daun pandan tersebut dan ikat dengan tali raffia. Kukus adonan kue seperti biasa.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kue Kukus Sederhana Tanpa Mixer Untuk Sobat Sederhana