Cara Membuat Kue Kering Sederhana Tanpa Oven

Salam hangat untuk Sobat Sederhana yang sedang mencari resep kue kering sederhana dan tidak memerlukan oven. Kue kering selalu menjadi salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang, baik untuk dinikmati sendiri maupun untuk dihidangkan pada tamu-tamu yang datang ke rumah. Namun, tidak semua orang memiliki oven di rumah, atau mungkin tidak ingin repot menggunakan oven. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue kering sederhana yang dapat dibuat tanpa oven. Yuk simak!

Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kue kering sederhana, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
Mixing bowl
Tepung terigu
Sendok
Gula pasir
Wadah
Margarin
Garpu
Keju parut
Loyang
Vanili
Garam
Susu bubuk
Telur ayam

Langkah Membuat

1. Siapkan Adonan

Pertama, siapkan adonan kue kering dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, vanili, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur sempurna.

2. Tambahkan Margarin dan Telur Ayam

Selanjutnya, tambahkan margarin dan telur ayam ke dalam adonan, aduk hingga tercampur sempurna dan menjadi adonan yang lembut. Jangan lupa tambahkan keju parut dan aduk kembali hingga tercampur merata.

3. Bentuk Adonan

Bentuk adonan kue kering menjadi bulat-bulat kecil, atau bisa juga dipipihkan. Letakkan di atas loyang yang sudah dioles margarin agar tidak lengket. Pastikan jarak antara kue kering tidak terlalu rapat agar kue dapat matang dengan baik.

4. Panggang di Wajan Anti Lengket

Siapkan wajan anti lengket dan panaskan di atas kompor dengan api kecil. Letakkan loyang yang sudah berisi adonan kue kering ke dalam wajan anti lengket tersebut. Tutup wajan dan panggang selama 10-15 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Yang Menyimpan Data ke Database

5. Balik Kue Kering

Setelah 10-15 menit, balik kue kering dengan menggunakan spatula. Panggang kembali selama 5-10 menit hingga kue kering matang sempurna dan warnanya kecoklatan.

6. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat kue kering dari wajan dan dinginkan sejenak. Kue kering sederhana tanpa oven siap disajikan untuk dinikmati. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan mentega?

Tentu saja bisa, namun kami merekomendasikan untuk menggunakan margarin agar kue kering lebih renyah.

2. Bagaimana jika tidak punya wajan anti lengket?

Sobat Sederhana bisa menggunakan wajan biasa dan olesi dengan sedikit margarin agar tidak lengket.

3. Berapa lama kue kering harus dipanggang?

Kue kering harus dipanggang selama 10-15 menit pada sisi pertama, kemudian 5-10 menit setelah dibalik.

4. Bisakah menggunakan oven jika punya?

Tentu saja bisa, namun resep yang kami bagikan pada artikel ini adalah kue kering sederhana tanpa oven.

5. Apakah bisa menambahkan bahan lain?

Tentu saja bisa, namun pastikan bahan yang ditambahkan tidak merusak tekstur dan rasa kue kering.

Kesimpulan

Demikianlah resep kue kering sederhana tanpa oven yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki oven, karena kue kering tetap dapat dibuat dengan menggunakan wajan anti lengket. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan camilan di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Kering Sederhana Tanpa Oven