Cara Membuat Kue Kering Sederhana dan Mudah

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue kering sederhana dan mudah. Siapa sih yang tidak suka dengan kue kering? Kue kering merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama saat dijadikan teman ngopi atau saat sedang bersantai di rumah. Tapi, terkadang kita merasa malas untuk membeli kue kering karena harganya yang cukup mahal. Nah, jangan khawatir karena kita bisa membuat kue kering sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tentunya lebih murah. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat kue kering, tentunya kita perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula halus
100 gram
Mentega
200 gram
Kuning telur
2 butir
Vanili
1 sendok teh

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai membuat kue kering.

Langkah-langkah Membuat Kue Kering

Setelah semua bahan sudah tersedia, kita bisa mulai membuat kue kering sederhana dan mudah dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Wadah dan Alat-alat yang Dibutuhkan

Pertama-tama, siapkan wadah dan alat-alat yang dibutuhkan seperti mixer, loyang kue, dan sendok. Pastikan semua alat-alat sudah bersih dan kering sebelum digunakan.

2. Kocok Mentega dan Gula Halus

Masukkan mentega dan gula halus ke dalam wadah lalu kocok dengan mixer hingga lembut dan putih. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit.

3. Masukkan Kuning Telur dan Vanili

Tambahkan kuning telur dan vanili ke dalam adonan mentega dan gula halus. Kocok lagi dengan mixer hingga tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Menampilkan Gelombang Sederhana dengan GUI Python

4. Tambahkan Tepung Terigu

Tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk menggunakan mixer atau spatula hingga adonan menjadi kalis.

5. Bentuk Adonan Menjadi Kue Kering

Bentuk adonan menjadi kue kering dengan cara mengambil sejumput adonan dan membentuknya menjadi bulat atau bentuk lain sesuai selera. Kemudian, letakkan adonan pada loyang yang sudah diolesi mentega dan taburi tepung terigu.

6. Panggang Kue Kering di Oven

Panaskan oven terlebih dahulu selama 10-15 menit dengan suhu 150-180 derajat celcius. Setelah itu, masukkan loyang berisi adonan kue kering ke dalam oven dan panggang selama 15-20 menit hingga matang dan berwarna kekuningan. Jangan lupa untuk memeriksa kue kering setiap 5 menit agar tidak gosong.

7. Dinginkan Kue Kering

Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan kue kering dingin selama beberapa menit sebelum diangkat dari loyang. Setelah dingin, kue kering siap disajikan dan dinikmati.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus yang khusus untuk kue?

Tidak perlu. Tepung terigu biasa atau serbaguna sudah cukup untuk membuat kue kering.

2. Bisakah mentega diganti dengan margarin?

Bisa, tapi rasanya akan berbeda dengan mentega. Mentega memberikan rasa yang lebih creamy dan kaya, sedangkan margarin cenderung lebih ringan dan kurang creamy.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue kering terlalu lembek?

Tambahkan sedikit tepung terigu hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.

4. Berapa lama kue kering bisa disimpan?

Kue kering yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung jenis kue kering dan kondisi penyimpanannya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Tart Kukus Sederhana

5. Bisakah membuat kue kering tanpa oven?

Bisa, tapi hasilnya mungkin tidak akan sama dengan kue kering yang dipanggang di oven. Kue kering bisa dibuat dengan cara dikukus atau digoreng, tapi pastikan resep dan cara membuatnya sudah benar agar hasilnya tetap enak dan lezat.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat kue kering sederhana dan mudah yang bisa kita praktekkan di rumah. Selain lebih murah, membuat kue kering sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mendatangkan kepuasan tersendiri ketika kita berhasil membuat kue yang enak dan lezat. Jangan lupa untuk mencoba resep kue kering lainnya dan bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Sederhana!

Cara Membuat Kue Kering Sederhana dan Mudah