Cara Membuat Kue Donat Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar bagaimana membuat kue donat kentang sederhana. Kue donat kentang adalah salah satu kue yang sangat populer dan banyak disukai orang. Rasanya yang lezat dan empuk membuat kue ini menjadi favorit banyak orang, terutama untuk dijadikan camilan atau hidangan penutup.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai membuat kue donat kentang, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Kentang
1 buah (ukuran sedang)
Ragi
1 sendok teh
Gula pasir
50 gram
Garam
1/4 sendok teh
Susu bubuk
2 sendok makan
Telur
1 butir
Margarin
50 gram
Minyak goreng
secukupnya
Gula halus
secukupnya

Sedangkan untuk alat yang dibutuhkan, Sobat Sederhana hanya perlu menyiapkan:

  • Mixer
  • Wadah
  • Sendok
  • Cetakan donat
  • Wajan atau penggorengan
  • Loyang

Cara Membuat Kue Donat Kentang:

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat, Sobat Sederhana bisa memulai membuat kue donat kentang dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Mengolah Kentang

Pertama-tama, kupas kentang dan potong-potong kecil. Kemudian rebus kentang hingga empuk, lalu haluskan dengan menggunakan garpu atau blender. Setelah itu, sisihkan kentang halus tersebut.

2. Mengadon Tepung Terigu dan Kentang

Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan susu bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Tambahkan kentang halus dan aduk kembali hingga tercampur rata.

3. Melarutkan Ragi

Selanjutnya, larutkan ragi dengan sedikit air hangat. Setelah ragi larut, tambahkan ke dalam adonan tepung terigu dan kentang yang telah disiapkan.

4. Menambahkan Telur dan Margarin

Pecahkan telur ke dalam adonan, lalu tambahkan margarin yang telah dilelehkan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan kalis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Sederhana

5. Mengistirahatkan Adonan

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang. Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap agar terlindungi dari debu atau serangga.

6. Membentuk Donat

Setelah adonan mengembang, giliran Sobat Sederhana untuk membentuk donat. Ambil adonan dengan sendok dan letakkan di atas permukaan yang telah ditaburi tepung. Giling adonan hingga setebal 1 cm kemudian potong dengan cetakan donat.

7. Menggoreng Donat

Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan. Setelah minyak panas, masukkan donat ke dalam minyak dan goreng hingga kedua sisi berwarna kecoklatan. Angkat donat dan tiriskan.

FAQ (Frequently Asked Questions):

1. Apakah kue donat kentang sulit untuk dibuat?

Tidak, sebenarnya kue donat kentang cukup mudah untuk dibuat asalkan Sobat Sederhana mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

2. Berapa lama donat kentang bisa disimpan?

Donat kentang bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama kurang lebih 2-3 hari.

3. Apakah donat kentang bisa dibuat tanpa menggunakan mixer?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana bisa mengaduk adonan dengan tangan seperti biasa. Namun, penggunaan mixer akan memudahkan pekerjaan membuat adonan menjadi lebih cepat dan efisien.

4. Apakah kue donat kentang ini lebih sehat daripada donat biasa?

Kue donat kentang lebih sehat daripada donat biasa karena tidak mengandung banyak gula dan lemak.

5. Bisakah menggunakan kentang instan?

Bisa, namun disarankan menggunakan kentang segar karena lebih sehat dan bahan yang alami.

Kesimpulan:

Nah, itulah cara membuat kue donat kentang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan langkah-langkah yang mudah dan bahan yang tidak sulit didapat, Sobat Sederhana bisa menikmati kue donat kentang enak dan lezat kapan saja. Jangan lupa untuk diingatkan, tidak terlalu sering mengonsumsinya karena kue donat bukan termasuk jenis makanan sehat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Ternak Lele Sederhana

Cara Membuat Kue Donat Kentang Sederhana