Cara Membuat Kue dari Tepung Terigu Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue dari tepung terigu sederhana. Siapa sih yang tidak suka dengan kue? Kue memang menjadi makanan favorit banyak orang, terutama dikala bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Namun, terkadang kita bingung bagaimana cara membuat kue yang lezat dan mudah dibuat. Yuk, simak cara membuat kue dari tepung terigu sederhana di artikel ini!

1. Menyiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat kue, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam membuat kue dari tepung terigu sederhana antara lain:

Bahan-bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
150 gram
Minyak goreng
100 ml
Susu cair
100 ml
Telur ayam
2 butir
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Pastikan semua bahan-bahan sudah disiapkan dan diukur dengan benar, agar kue yang dihasilkan memiliki tekstur dan rasa yang sempurna.

2. Membuat Adonan Kue

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue. Caranya sangat mudah, cukup campurkan tepung terigu, gula pasir, telur ayam, dan susu cair ke dalam wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata menggunakan mixer atau whisker. Jika ingin memberi warna pada kue, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan.

Jangan terlalu lama mengaduk adonan, cukup sampai adonan kue tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung yang terlihat. Setelah adonan siap, diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan kue mengembang.

3. Mempersiapkan Alat dan Bahan Panggang

Sementara menunggu adonan kue mengembang, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan panggang. Sebelum mulai memanggang kue, panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit pada suhu 180 derajat Celsius. Selain itu, juga siapkan loyang, alat pengocok, dan sikat pastry yang sudah diolesi mentega.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sistem Informasi Apotik Sederhana

4. Memanggang Kue

Setelah adonan kue mengembang dan alat panggang siap, tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau diolesi mentega. Ratakan adonan kue menggunakan spatula, lalu panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.

Saat memanggang kue, jangan membuka pintu oven terlalu sering. Hal ini akan membuat suhu oven turun dan menghambat proses pemanggangan kue. Jika ingin memastikan kue matang sempurna, gunakan tusuk gigi untuk mengetes kematangan kue. Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang menempel, kue sudah matang dan siap diangkat dari oven.

5. Menyelesaikan Kue

Setelah kue matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebentar sebelum diangkat dari loyang. Setelah dingin, kue siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa untuk menyimpan sisa kue di dalam wadah tertutup agar tetap segar dan tidak lembek.

FAQ

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus protein tinggi?

Tidak selalu. Untuk membuat kue sederhana, bisa menggunakan tepung terigu protein sedang atau rendah. Namun, jika ingin membuat kue yang lebih lembut dan tekstur yang lebih baik, bisa menggunakan tepung terigu protein tinggi.

2. Haruskah mengembangkan adonan kue terlebih dahulu sebelum dipanggang?

Ya, sangat penting untuk mengembangkan adonan kue selama kurang lebih 30 menit sebelum dipanggang. Proses pengembangan adonan kue ini akan membuat kue lebih mengembang dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

3. Apakah bisa menggunakan mentega untuk mengolesi loyang?

Tentu saja. Selain menggunakan mentega, bisa juga menggunakan margarin atau minyak goreng untuk mengolesi loyang sebelum menuang adonan kue.

TRENDING 🔥  Langkah Cara Memakai Jilbab Segitiga Dengan Sederhana Seperti Fatin

4. Bisakah membuat kue dari tepung terigu tanpa oven?

Tentu saja bisa. Kue dari tepung terigu sederhana bisa juga dibuat tanpa menggunakan oven. Sobat Sederhana bisa menggunakan rice cooker atau panci kukus sebagai pengganti oven. Caranya cukup tuang adonan kue ke dalam loyang, dan kukus dalam rice cooker atau panci selama kurang lebih 30-45 menit.

5. Apakah kue dari tepung terigu sederhana bisa disimpan di dalam kulkas?

Bisa. Kue dari tepung terigu sederhana yang sudah matang bisa disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1-2 hari. Pastikan kue sudah dalam wadah tertutup sebelum disimpan di dalam kulkas.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Sederhana!

Cara Membuat Kue dari Tepung Terigu Sederhana