Cara Membuat Kue Daki Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar membuat kue daki yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Kue daki adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang biasanya disajikan pada saat acara pernikahan, sunatan, atau acara adat lainnya. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum memulai membuat kue daki, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan Kue Daki Sederhana
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Gula pasir
250 gram
Santan kental
500 ml
Telur ayam
5 butir
Garam
1/2 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

1. Campurkan tepung terigu dengan gula pasir

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan tepung terigu dengan gula pasir. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

2. Tambahkan santan kental

Selanjutnya, tambahkan santan kental ke dalam campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata hingga adonan tidak bergerindil.

3. Tambahkan telur ayam

Kocok telur ayam terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam adonan. Setelah itu, tuang telur ke dalam adonan dan aduk hingga rata.

4. Tambahkan garam dan pewarna makanan (opsional)

Setelah adonan tercampur rata, tambahkan sedikit garam untuk memberi rasa pada kue. Kamu juga bisa menambahkan pewarna makanan untuk membuat tampilan kue lebih menarik.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue

Siapkan cetakan kue dan tuang adonan ke dalamnya. Pastikan cetakan telah diolesi margarin atau terigu agar adonan tidak lengket saat dipanggang.

6. Panggang kue

Setelah adonan telah dituang ke dalam cetakan, panggang kue dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit. Gunakan api bawah saja agar kue tidak gosong di bagian atasnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tabung Kedap Udara Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah kue daki disimpan dalam waktu yang lama?

Kue daki dapat disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan pada suhu ruangan atau dalam kulkas dengan wadah kedap udara.

2. Apakah pewarna makanan wajib ditambahkan?

Tidak, pewarna makanan bersifat opsional dan bisa kamu tambahkan jika ingin membuat tampilan kue lebih menarik.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu cair?

Jika adonan terlalu cair, kamu bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kembali kental.

4. Bisakah telur ayam diganti dengan telur bebek?

Ya, telur bebek bisa digunakan sebagai pengganti telur ayam jika tidak tersedia.

5. Apa yang harus dilakukan jika kue daki tidak matang di bagian tengah?

Kue daki yang tidak matang di bagian tengah bisa dipanggang kembali dengan suhu yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama hingga matang sempurna.

Penutup

Nah, Sobat Sederhana, itulah cara membuat kue daki sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu dalam membuat kue daki sederhana ini di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Daki Sederhana