Cara Membuat Kue Dadar Gulung Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat kue dadar gulung sederhana yang bisa kamu buat di rumah sendiri. Kue dadar gulung adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat terkenal dan disukai banyak orang. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan langkah-langkahnya pun cukup mudah. Yuk, simak cara membuatnya dengan teliti.

Bahan-bahan:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue dadar gulung sederhana adalah:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
telur
3 butir
Gula pasir
50 gram
Sejumput garam
Santan kental
200 ml
Pewarna makanan
sesuai selera

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Sederhana:

1. Membuat Adonan

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar. Masukkan tepung terigu, telur, gula pasir, dan sejumput garam ke dalamnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Setelah itu, tambahkan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada bahan yang menggumpal. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan adonan selama 10-15 menit agar adonan mengembang dengan baik.

2. Memanggang Adonan

Siapkan wajan datar anti lengket. Panaskan wajan dengan api sedang. Gunakan sendok sayur untuk menyendok adonan kue dadar dan tuangkan ke wajan datar. Ratakan dengan sendok sayur hingga adonan kue dadar menyebar secara merata.

Tunggu kurang lebih 1-2 menit atau hingga bagian atas kue dadar setengah matang dan bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Setelah itu, gulung adonan kue dadar dan diamkan sejenak agar bagian luar adonan menjadi kering dan renyah.

Ulangi sampai adonan habis.

3. Memasak Isian

Untuk isian, bisa menggunakan gula merah serut dan kelapa yang dicampur sesuai selera. Panaskan wajan, masukan gula merah dan kelapa parut. Aduk hingga rata dan gula merah mencair. Isian pun siap digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Irat Bambu Sederhana

4. Mengisi Kue Dadar Gulung

Ambil selembar kue dadar. Letakkan isian yang sudah dipersiapkan tadi di atas kue dadar. Gulung kue dadar hingga isian terbungkus rapi.

Kue dadar gulung yang sudah terisi isian siap disajikan. Sajikan kue dadar gulung di atas piring dan hiasi dengan irisan buah agar lebih menarik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa ga sih kue dadar gulung dibikin tanpa pewarna makanan?

Bisa banget Sobat Sederhana. Pewarna makanan hanya digunakan untuk memberikan warna pada kue dadar gulung. Jika tidak menggunakan pewarna makanan, kue dadar gulung tetap bisa dihasilkan dengan enak.

2. Kue dadar gulung ini bisa disimpan berapa lama?

Kue dadar gulung sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan dikonsumsi dalam waktu 2-3 hari. Agar kue tetap awet dan tahan lama.

3. Bisa ga sih kue dadar gulung ini dijadikan usaha untuk dijual?

Bisa banget Sobat Sederhana. Kue dadar gulung adalah salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa menjualnya di pasar tradisional atau melalui online shop.

Kesimpulan:

Bagaimana Sobat Sederhana, mudah kan cara membuat kue dadar gulung sederhana ini? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat kue dadar gulung sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Sederhana