Cara Membuat Kue Coklat Sederhana Tanpa Oven

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini kita akan berbagi resep cara membuat kue coklat sederhana tanpa oven yang bisa kamu coba di rumah. Siapa bilang untuk membuat kue coklat harus menggunakan oven? Dengan beberapa bahan dan alat yang sederhana, kamu bisa membuat kue coklat yang lezat dan nikmat. Yuk, simak resepnya!

Bahan-Bahan:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue coklat sederhana tanpa oven adalah:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
125 gram
Gula pasir
100 gram
Coklat bubuk
50 gram
Susu cair
100 ml
Minyak sayur
100 ml
Telur
2 butir
Baking powder
1 sendok teh
Essence vanilla
1 sendok teh

Alat-Alat:

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kue coklat sederhana tanpa oven adalah:

  • Mixer atau whisker
  • Wadah untuk adonan
  • Loyang
  • Wajan teflon
  • Spuit plastik

Langkah-Langkah:

1. Mengocok Telur dan Gula Pasir

Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir dengan mixer atau whisker hingga putih dan mengembang. Proses ini dapat memakan waktu sekitar 5-10 menit.

2. Menambahkan Bahan-Bahan Lainnya

Setelah telur dan gula pasir tercampur rata, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan essence vanilla. Aduk rata dengan mixer atau whisker.

3. Menambahkan Susu Cair dan Minyak Sayur

Setelah bahan-bahan kering tercampur rata, tambahkan susu cair dan minyak sayur secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

4. Mengisi Spuit Plastik dengan Adonan Kue

Selanjutnya, tuangkan adonan kue ke dalam spuit plastik dengan hati-hati. Spuit plastik akan digunakan untuk mencetak adonan kue pada loyang atau wajan teflon.

5. Mencetak Adonan Kue di Loyang atau Wajan Teflon

Panaskan loyang atau wajan teflon dengan api kecil. Setelah panas, semprotkan adonan kue dari spuit plastik ke atas loyang atau wajan teflon. Pastikan jarak antara adonan kue cukup jauh agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Telur Asin yang Paling Sederhana untuk Sobat Sederhana

6. Mengukus Adonan Kue

Cover loyang atau wajan teflon dengan penutup atau aluminium foil. Panggang adonan kue selama 30-40 menit dengan api kecil sampai matang. Untuk memastikan kue sudah matang, kamu bisa mencobanya dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah kue. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang sempurna.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah Menggunakan Steamer untuk Mengukus Adonan Kue?

Tentu saja bisa! Kamu dapat mengukus adonan kue dengan menggunakan steamer selama 30-40 menit dengan api kecil sampai matang. Pastikan loyang atau wajan teflon yang digunakan dapat masuk ke dalam steamer.

2. Apakah Aduk Rata Adonan Kue Harus Pakai Mixer atau Whisker?

Tidak harus. Kamu dapat mengaduk adonan kue secara manual dengan sendok atau spatula hingga rata. Namun, proses ini dapat memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mixer atau whisker.

3. Bagaimana Jika Tidak Punya Spuit Plastik?

Tidak masalah jika kamu tidak memiliki spuit plastik. Kamu dapat menggunakan sendok atau bagian ujung plastik yang tebal untuk mencetak adonan kue pada loyang atau wajan teflon.

4. Apakah Harus Menggunakan Tepung Terigu Khusus Untuk Kue?

Ya, sebaiknya kamu menggunakan tepung terigu khusus untuk kue agar adonan kue dapat mengembang dengan baik saat dipanggang.

Penutup

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat kue coklat sederhana tanpa oven. Selamat mencoba di rumah ya! Jangan lupa untuk berkreasi dengan topping atau hiasan lainnya agar kue coklatmu semakin lezat dan menarik. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Coklat Sederhana Tanpa Oven