Cara Membuat Kue Brownies Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka dengan brownies? Pasti banyak ya. Brownies memang menjadi salah satu kue yang paling disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Selain rasanya yang enak, brownies juga mudah dibuat. Nah, pada artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat kue brownies sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan di rumah sendiri. Yuk, simak selengkapnya!

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai membuat kue brownies, tentu saja kita harus menyiapkan semua bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan yang kita perlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
200 gram
Cokelat bubuk
50 gram
Telur ayam
4 butir
Margarin
100 gram
Pewarna makanan (optional)
secukupnya

Pastikan semua bahan yang kita gunakan sudah disiapkan dan diukur dengan tepat ya, Sobat Sederhana.

2. Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat adonan brownies. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Lelehkan margarin

Pertama-tama, lelehkan margarin terlebih dahulu. Caranya bisa dengan melelehkan margarin di atas api kecil atau di dalam microwave.

Langkah 2: Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan cokelat bubuk

Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan cokelat bubuk ke dalam mangkuk besar. Aduk rata.

Langkah 3: Masukkan telur ayam dan margarin cair

Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok ke dalam campuran tepung terigu dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan margarin cair dan aduk kembali sampai tercampur secara merata.

Langkah 4: Tambahkan pewarna makanan (optional)

Jika Sobat Sederhana ingin membuat brownies dengan warna-warna yang lebih menarik, tambahkan pewarna makanan secukupnya ke dalam adonan dan aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Peraga DNA dari Bahan Sederhana

Langkah 5: Panggang di dalam oven

Setelah adonan tercampur merata, tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan taburi tepung terigu. Panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 25-30 menit atau sampai matang. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebentar.

3. Penyajian

Setelah dingin, potong-potong brownies sesuai dengan selera dan siap untuk disajikan. Brownies bisa disajikan dengan taburan gula bubuk atau cokelat serut di atasnya. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah brownies bisa dibuat tanpa oven?

Bisa. Sobat Sederhana bisa mencoba membuat brownies dengan cara dipanggang di dalam panci atau rice cooker. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meletakkan adonan brownies di dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditutup dengan tutup panci atau rice cooker. Panggang selama kurang lebih 30-45 menit atau sampai matang.

2. Mengapa brownies saya keras?

Ada beberapa hal yang bisa membuat brownies menjadi keras, salah satunya adalah proses pengadukan adonan yang terlalu lama atau terlalu kencang. Oleh karena itu, aduklah adonan sampai tercampur rata saja. Selain itu, pastikan juga oven yang digunakan memiliki suhu yang tepat dan jangan terlalu lama memanggang brownies.

3. Apakah bisa menggunakan mentega untuk membuat brownies?

Bisa. Sobat Sederhana bisa menggunakan mentega atau bahkan margarin yang biasa digunakan untuk membuat kue lain. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur brownies bisa berbeda jika menggunakan bahan yang berbeda.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kue Brownies Sederhana untuk Sobat Sederhana