Cara Membuat Kue Bolu Panggang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, sudah lama ingin belajar membuat kue bolu panggang sederhana namun belum tahu caranya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan resep dan langkah-langkah cara membuat kue bolu panggang yang mudah dan pastinya enak. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu panggang, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Telur
4 butir
Gula pasir
150 gram
Tepung terigu
150 gram
Mentega
100 gram
Susu cair
50 ml
Vanili bubuk
1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Langkah-langkah

1. Siapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, siapkan bahan yang telah disebutkan di atas dan alat-alat seperti oven, mixer, dan loyang. Pastikan loyang telah dioles mentega agar adonan tidak lengket.

2. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini akan memakan waktu sekitar 10-15 menit, jadi pastikan mixer dalam keadaan stabil.

3. Tambahkan Tepung Terigu dan Vanili Bubuk

Tambahkan tepung terigu dan vanili bubuk sambil diayak secara perlahan ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk menggunakan spatula hingga rata. Jangan terlalu sering mengaduk agar adonan tidak kehilangan udara dan mengembang dengan baik.

4. Tambahkan Mentega Cair dan Susu Cair

Tambahkan mentega cair dan susu cair ke dalam adonan sambil terus diaduk perlahan hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak kempes.

5. Tuangkan Adonan ke Loyang

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dioles mentega. Ratakan permukaan adonan dengan spatula dan rapatkan permukaannya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Sederhana

6. Panggang Bolu

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah itu, panggang adonan bolu dalam oven selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang. Tes kematangan bolu dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

7. Sajikan Bolu

Setelah bolu matang, keluarkan dari oven dan diamkan sejenak hingga dingin. Setelah itu, potong dan sajikan bolu panggang yang sederhana ini untuk keluarga atau teman.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan gula halus sebagai pengganti gula pasir?

Bisa. Namun, penggunaan gula halus akan membuat adonan bolu kurang mengembang sehingga hasilnya tidak sebagus bila menggunakan gula pasir.

2. Bolehkah saya mengganti susu cair dengan air?

Boleh. Namun, susu cair memberikan rasa dan kelembutan yang berbeda pada adonan, sehingga hasilnya mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Berapa lama bolu panggang ini bisa disimpan?

Bolu panggang ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, disarankan untuk segera dikonsumsi agar rasa dan teksturnya tidak berubah.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat kue bolu panggang sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan dengan teliti agar hasilnya sempurna. Selamat mencoba, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Sederhana