Cara Membuat Kuah Bakso Sederhana Tanpa Tulang

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang. Bagi pecinta makanan Indonesia, bakso tentu sudah tidak asing lagi di lidah kita. Bakso adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang lezat, gurih, dan menyehatkan membuat bakso menjadi pilihan yang tepat untuk disantap kapan saja. Tapi bagaimana cara membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang? Yuk, simak caranya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai cara membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Garam
Secukupnya
Lada bubuk
Secukupnya
Kecap manis
1 sendok makan
Saus tomat
1 sendok makan
Minyak goreng
Secukupnya
Air putih
2 liter

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah Membuat Kuah Bakso Sederhana Tanpa Tulang

Langkah 1: Persiapan Daging Bakso

Langkah pertama dalam membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang adalah mempersiapkan daging bakso. Untuk membuat daging bakso, campurkan daging sapi, bawang merah, bawang putih, garam, dan lada bubuk ke dalam sebuah wadah. Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender atau food processor hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah itu, bentuk adonan daging menjadi bulatan-bulatan kecil. Anda dapat menggunakan sendok atau tangan untuk membentuk bulatan kecil tersebut. Setelah selesai dibentuk, dinginkan bakso dalam lemari es selama 30 menit.

Langkah 2: Membuat Kuah Bakso

Langkah selanjutnya adalah membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang. Pertama-tama, tumis bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan minyak goreng hingga harum. Setelah itu, tambahkan air putih ke dalam tumisan bawang. Tunggu hingga air mendidih.

TRENDING 🔥  Cara Buat Omurice Sederhana Anak Kos

Setelah air mendidih, masukkan bakso yang telah dibentuk sebelumnya ke dalam air. Tunggu hingga bakso matang dan mengapung ke atas. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan saus tomat ke dalam kuah. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah semua bahan tercampur rata, kuah bakso sederhana tanpa tulang siap disajikan. Anda dapat menambahkan bawang goreng dan seledri sebagai hiasan pada kuah bakso.

FAQ

1. Apakah kuah bakso sederhana tanpa tulang lebih sehat?

Ya, kuah bakso sederhana tanpa tulang lebih sehat karena tidak menggunakan tulang sapi pada kuahnya. Tulang sapi dapat membuat kuah menjadi lebih berlemak dan tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Apakah bahan-bahan untuk membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang mudah didapat?

Ya, bahan-bahan untuk membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang mudah didapat di pasar atau supermarket terdekat.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso sederhana tanpa tulang sekitar 30-45 menit. Tergantung dari jumlah bakso yang akan dibuat.

4. Apakah kuah bakso sederhana tanpa tulang cocok untuk makanan sehari-hari?

Ya, kuah bakso sederhana tanpa tulang sangat cocok untuk dijadikan makanan sehari-hari karena mudah dibuat dan rasanya yang enak.

5. Apakah kuah bakso sederhana tanpa tulang bisa diolah menjadi variasi masakan lain?

Ya, kuah bakso sederhana tanpa tulang bisa diolah menjadi variasi masakan lain seperti mie bakso, pangsit bakso dan lain sebagainya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kuah Bakso Sederhana Tanpa Tulang