Cara Membuat Kompos dari Daun Kering Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kompos dari daun kering yang sangat sederhana. Kompos adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi tanaman. Dengan menghasilkan kompos dari daun kering, kita tidak hanya membantu memperkaya tanah, tetapi juga membantu mengurangi jumlah limbah organik yang kita buang.

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kompos dari daun kering, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Daun kering
Secukupnya
Jerami
Secukupnya
Tanah
Secukupnya
Pupuk kandang
1-2 kg

Daun kering dapat diperoleh dari raking dan membersihkan halaman rumah atau tempat-tempat lain yang banyak tumbuhnya pohon. Jerami biasanya dapat dibeli di toko pertanian. Tanah bisa diperoleh dari bagian taman atau kebun rumah, dan pupuk kandang dapat dibeli di toko pertanian.

2. Memulai Pengomposan

Setelah semua bahan siap, kita bisa memulai pengomposan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Membuat Tumpukan

Pertama-tama, kita buat tumpukan dengan menumpuk daun kering, jerami, dan tanah secara bergantian. Setelah itu, kita tambahkan pupuk kandang sedikit demi sedikit di antara lapisan yang tadi sudah disusun.

b. Biarkan Tumpukan Membusuk

Setelah tumpukan selesai dibuat, biarkan tumpukan itu terlebih dahulu selama 3-5 minggu. Selama masa itu, bakteri akan mulai membusukkan bahan-bahan dalam tumpukan.

c. Aduk Tumpukan Setiap Minggu

Selama 3-5 minggu tersebut, aduk tumpukan setiap minggu dengan menggunakan garpu atau sekop. Cara ini akan membantu mempercepat proses pengomposan.

d. Tunggu Hingga Kompos Matang

Setelah sekitar 3-4 bulan, kompos sudah matang dan siap digunakan untuk memperkaya tanah. Kompos yang sudah matang biasanya berwarna cokelat gelap dan memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Nomor Rumah Sederhana

3. FAQ tentang Pembuatan Kompos dari Daun Kering

a. Apa yang harus dilakukan jika tumpukan berbau tak sedap?

Jika tumpukan berbau tak sedap, tambahkan lebih banyak jerami atau daun kering ke dalam tumpukan tersebut. Juga pastikan bahwa tumpukan tidak terlalu lembab.

b. Apakah proses pengomposan bisa dihentikan?

Ya, proses pengomposan bisa dihentikan kapan saja. Namun, jika proses pengomposan dihentikan terlalu dini, kompos mungkin belum cukup matang dan tidak bisa digunakan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

c. Apa saja manfaat membuat kompos dari daun kering?

Membuat kompos dari daun kering memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu:

  • Mengurangi jumlah limbah organik yang dibuang
  • Memperkaya tanah
  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman
  • Mengurangi penggunaan pupuk kimia

d. Apakah cara ini cocok untuk daerah yang memiliki iklim tropis?

Ya, cara ini cocok untuk daerah yang memiliki iklim tropis. Namun, pastikan tumpukan yang dibuat tidak terlalu lembab karena kondisi ini dapat memperlambat proses pengomposan.

4. Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat kompos dari daun kering yang sangat sederhana. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses pengomposan yang mudah dilakukan, kita bisa membantu memperkaya tanah dan mengurangi jumlah limbah organik yang dibuang. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kompos dari Daun Kering Sederhana