Cara Membuat Kompor Sederhana dari Barang Bekas

Selamat datang, Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kompor sederhana dari barang bekas. Kompor adalah salah satu peralatan dapur yang sangat penting untuk memasak. Namun, seringkali kita kesulitan dalam membeli kompor karena harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan belajar bagaimana membuat kompor sederhana dengan menggunakan barang bekas yang ada di sekitar kita.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, kita akan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kompor sederhana ini. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kaleng bekas (dari minuman atau makanan)
2. Pahat
2. Kayu atau bahan bakar lainnya (bisa menggunakan kayu bekas atau daun kering)
3. Tang
3. Kain lap
4. Klem
4. Lem

Langkah-langkah Membuat Kompor Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Sobat Sederhana ikuti untuk membuat kompor sederhana dari barang bekas:

1. Persiapkan Kaleng Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mempersiapkan kaleng bekas yang akan dijadikan sebagai tempat untuk memasak. Kaleng bekas ini harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan noda yang ada. Setelah itu, kaleng bekas harus dilubangi di bagian sisi-sisinya dengan menggunakan pahat.

2. Buat Lubang di Tengah Kaleng Bekas

Setelah kaleng bekas dilubangi, Sobat Sederhana harus membuat lubang di tengah kaleng bekas untuk meletakkan kayu atau bahan bakar. Lubang ini bisa dibuat dengan menggunakan pahat atau gunting.

3. Pasang Kain Lap di Lubang Tengah Kaleng Bekas

Setelah membuat lubang di tengah kaleng bekas, selanjutnya Sobat Sederhana harus memasang kain lap di dalamnya. Kain lap ini berfungsi sebagai penyerap minyak dan sebagai penahan api agar bahan bakar tidak mudah padam.

TRENDING 🔥  Contoh Cara Membuat Kitchen Set Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Letakkan Kayu atau Bahan Bakar di dalam Lubang Kaleng Bekas

Setelah memasang kain lap di dalam lubang kaleng bekas, Sobat Sederhana bisa meletakkan kayu atau bahan bakar lainnya di dalam lubang tersebut. Pastikan bahan bakar yang Sobat Sederhana gunakan tidak terlalu besar atau terlalu kecil agar tidak mengganggu saat memasak.

5. Korek Api atau Nyalakan dengan Kertas

Setelah kayu atau bahan bakar lainnya sudah diletakkan di dalam lubang kaleng bekas, Sobat Sederhana bisa menyalakannya dengan korek api atau kertas.

FAQ (Frequently Asked Question)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara membuat kompor sederhana dari barang bekas:

1. Apakah aman menggunakan kompor sederhana dari barang bekas?

Ya, aman. Namun, Sobat Sederhana harus tetap berhati-hati saat menggunakan kompor sederhana ini. Pastikan kompor sederhana ini diletakkan di tempat yang rata agar tidak mudah terbalik dan jangan biarkan anak-anak bermain dengan kompor sederhana ini.

2. Apakah kompor sederhana ini dapat digunakan untuk memasak apa saja?

Ya, kompor sederhana ini dapat digunakan untuk memasak apa saja. Namun, Sobat Sederhana harus tetap memperhatikan jenis makanan yang akan dimasak agar tidak menghasilkan asap atau bau yang tidak sedap.

3. Apakah kompor sederhana ini hemat energi?

Ya, kompor sederhana ini sangat hemat energi karena menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit dibandingkan dengan kompor biasa. Selain itu, kompor sederhana ini juga ramah lingkungan karena menggunakan barang bekas sebagai bahan bakar.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara membuat kompor sederhana dari barang bekas. Dengan membuat kompor sederhana ini, Sobat Sederhana dapat menghemat biaya dan juga membantu mengurangi limbah yang ada di sekitar kita. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Sarung Sofa Paling Sederhana

Cara Membuat Kompor Sederhana dari Barang Bekas