Cara Membuat Kompor Biomassa Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu berpikir untuk membuat kompor yang ramah lingkungan dan juga hemat energi? Kompor biomassa adalah solusinya! Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat kompor biomassa sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Kompor Biomassa?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kompor biomassa. Kompor biomassa adalah alat memasak yang menggunakan bahan bakar berupa limbah biomassa, seperti kayu, jerami, atau kotoran ternak. Selain ramah lingkungan, penggunaan kompor biomassa juga bisa menghemat penggunaan energi dan biaya bahan bakar.

Keuntungan Menggunakan Kompor Biomassa

Sebelum kita lanjut ke tahap membuat kompor biomassa, mari kita bahas terlebih dahulu keuntungan dari menggunakan kompor jenis ini:

Keuntungan
Penjelasan
Lebih Ramah Lingkungan
Kompor biomassa dapat mengurangi limbah dan emisi karbon, serta mengurangi penebangan pohon
Menghemat Biaya
Kompor biomassa bisa menggunakan bahan bakar yang mudah didapat dan murah, seperti kayu atau jerami
Tahan Lama
Kompor biomassa memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan kompor gas atau listrik

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat kompor biomassa, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Barrel bekas
  • Corong besi
  • Batu bata merah
  • Tanah liat
  • Pengikat tembikar
  • Alat ukur
  • Alat potong
  • Alat pengelas

Cara Membuat Kompor Biomassa

1. Persiapan Bahan-bahan

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan agar proses pembuatan kompor bisa berjalan lancar. Siapkan barrel bekas, corong besi, batu bata merah, tanah liat, pengikat tembikar, alat ukur, alat potong, dan alat pengelas.

2. Belah Barrel Bekas

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membelah barrel bekas menjadi dua bagian sehingga menjadi dua tabung. Kamu bisa menggunakan alat potong atau mesin pemotong untuk memisahkan barrel beka.

TRENDING 🔥  Cara Membuka Password Sederhana

3. Pasang Corong Besi

Selah barrel telah terbelah, langkah berikutnya adalah memasang corong besi di bagian atas barrel. Potong corong besi menjadi ukuran yang sesuai dengan lebar barrel dan las corong besi di bagian tengah atas barrel

4. Buat Lantai Kompor

Setelah corong besi terpasang, langkah berikutnya adalah membuat lantai kompor pada bagian bawah barrel. Gunakan batu bata merah untuk membuat lantai kompor. Susun batu bata merah secara rapi di atas bagian bawah barrel hingga terbentuk lantai yang kokoh dan tak mudah bergeser.

5. Campur Tanah Liat dan Air

Setelah lantai kompor selesai dibuat, kamu bisa mulai membuat campuran tanah liat dan air untuk membentuk kompor. Campurkan tanah liat dan air secara merata hingga terbentuk adonan yang mudah dibentuk.

6. Bentuk Adonan Menjadi Kompor

Setelah adonan dibuat, ambil adonan secukupnya dan bentuk adonan tersebut menjadi kompor. Pastikan kompor yang dibentuk kokoh dan tak mudah retak. Setelah itu, diamkan kompor hingga adonan kering dan mengeras.

7. Pasang Kompor di Atas Lantai Kompor

Setelah kompor mengering, pasang kompor tersebut di atas lantai kompor di dalam barrel. Pastikan kompor terpasang dengan kokoh dan tak mudah bergeser.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bahan bakar yang bisa digunakan pada kompor biomassa?

Beberapa bahan bakar yang bisa digunakan pada kompor biomassa antara lain kayu, jerami, serbuk gergaji, atau kotoran ternak.

2. Apa keuntungan menggunakan kompor biomassa?

Keuntungan menggunakan kompor biomassa antara lain lebih ramah lingkungan, menghemat biaya, dan tahan lama.

3. Apakah proses membuat kompor biomassa sulit?

Tidak, proses membuat kompor biomassa cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Database Sederhana

4. Apakah kompor biomassa aman digunakan?

Ya, kompor biomassa aman digunakan selama sesuai dengan instruksi dan dilakukan dengan hati-hati.

5. Apakah kompor biomassa bisa digunakan dalam skala besar?

Ya, kompor biomassa bisa digunakan dalam skala besar seperti di dapur umum atau warung makan.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat kompor biomassa sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selain ramah lingkungan, penggunaan kompor biomassa juga bisa menghemat penggunaan energi dan biaya bahan bakar. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kompor Biomassa Sederhana