Cara Membuat Kompor Bensin Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat kompor bensin sederhana yang bisa kamu gunakan untuk memasak di tempat terbuka seperti saat camping atau hiking. Kompor bensin sederhana ini sangat praktis dan hemat biaya karena bahan dan alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai membuat kompor bensin sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat
Bahan
1. Kaleng bekas
1. Bahan bakar bensin
2. Gunting atau gergaji besi
2. Kabel tembaga
3. Tang atau pemotong kawat
3. Sekrup dan mur
4. Kain atau serat kaca
4. Kain bekas atau spons

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Potong Kaleng

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu memotong kaleng bekas menjadi dua bagian dengan gunting atau gergaji besi. Bagian atas berfungsi sebagai wadah bahan bakar, sedangkan bagian bawah sebagai panggangan.

2. Buat Lubang

Lubangi bagian atas kaleng bekas dengan membentuk lubang di bagian tengah menggunakan gunting atau bor. Jangan lupa untuk memastikan ukurannya cukup besar untuk memasukkan selang kabel tembaga.

3. Potong Kabel Tembaga

Potong kabel tembaga dengan panjang sekitar 20 cm kemudian pasang pada lubang yang sudah dibuat tadi. Tekuk kabel tembaga hingga membentuk seperti huruf U.

4. Pasang Bagian Bawah Kaleng

Pasang bagian bawah kaleng dengan menggunakan baut dan mur di bagian bawah lubang yang sudah dibuat tadi. Pastikan kaleng terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergoyang.

5. Pasang Selang Tembaga

Masukkan selang kabel tembaga melalui lubang tadi dan keluarkan di bagian atas kaleng. Kemudian rekatkan dengan kain atau serat kaca agar tidak mudah bergerak dan bocor.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tiramisu Kukus Sederhana

6. Isi Bahan Bakar

Isilah bahan bakar bensin ke dalam bagian atas kaleng hingga 3/4 bagian penuh. Jangan terlalu banyak memasukkan bahan bakar agar tidak mudah tumpah saat digunakan.

7. Pasang Kain

Pada bagian atas kaleng, rekatkan kain bekas atau spons di atas lubang kabel tembaga. Fungsinya adalah agar bahan bakar tidak mudah tumpah saat digunakan dan juga sebagai pembatas api.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa jenis bensin yang harus digunakan?

Anda bisa menggunakan bahan bakar bensin biasa yang tersedia di toko bahan bakar.

2. Apa kelebihan dari menggunakan kompor bensin ini?

Kelebihan dari kompor bensin sederhana ini adalah mudah dibuat, hemat biaya, dan bisa digunakan di tempat terbuka seperti saat camping atau hiking.

3. Bagaimana cara membersihkan kompor bensin ini setelah digunakan?

Anda bisa membersihkan kompor bensin dengan kain atau spons yang sudah dibasahi dengan air sabun. Pastikan untuk membersihkan seluruh bagian termasuk bagian dalam kaleng yang berisi bahan bakar.

4. Apakah kompor bensin ini aman digunakan?

Anda perlu berhati-hati saat menggunakan kompor bensin ini karena api cukup besar dan bahan bakar yang digunakan mudah terbakar. Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak yang cukup antara kompor dengan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara membuat kompor bensin sederhana tidaklah sulit. Anda cukup menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kompor bensin perlu dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat kompor bensin sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Replikasi DNA dengan Cara Sederhana

Cara Membuat Kompor Bensin Sederhana untuk Sobat Sederhana