Cara Membuat Kolak Ubi Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat kolak ubi sederhana yang enak dan mudah. Siapa sih yang tidak suka kolak ubi? Banyak sekali orang Indonesia yang menyukai kolak ubi sebagai makanan penutup. Kolak ubi ini terkenal dengan rasa manisnya yang lezat dan kaya akan gizi karena ubi sendiri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan bahwa Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan-bahan
Jumlah
Ubi jalar
500 gram
Santan
500 ml
Gula merah
150 gram
Garam
1/2 sendok teh
Pandan
1 lembar
Air
Secukupnya

Langkah-langkah pembuatan kolak ubi sederhana

1. Siapkan ubi jalar

Cuci bersih ubi jalar dan kupas kulitnya. Potong-potong ubi jalar menjadi ukuran kecil dan siapkan dalam panci atau wadah yang cukup besar.

2. Rebus ubi jalar

Tuang air ke dalam panci yang berisi ubi jalar sampai permukaan ubi terendam air. Masak ubi jalar dengan api sedang sampai empuk (sekitar 30-40 menit). Jangan lupa tambahkan pandan agar kolak ubi memiliki aroma yang harum.

3. Siapkan santan

Sementara itu, panaskan santan dengan api kecil. Aduk santan agar tidak pecah dan biarkan sampai mengebul. Jangan lupa tambahkan garam dan gula merah secukupnya. Aduk rata hingga gula merah larut dan santan menjadi kental.

4. Campurkan ubi dan santan

Jika ubi sudah empuk, angkat dan tuang ke dalam wadah yang berisi santan. Aduk rata dan biarkan sebentar agar bumbu meresap ke dalam ubi jalar.

5. Sajikan kolak ubi

Kolak ubi sederhana siap disajikan. Anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat atau dingin tergantung selera. Kolak ubi juga sangat cocok disajikan dengan ice cream atau topping lainnya seperti kacang hijau atau biji salak.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Meilmerge

FAQ

1. Apa saja manfaat ubi jalar?

Ubi jalar kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ubi jalar antara lain mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bisakah saya menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula merah?

Bisa, namun rasanya mungkin tidak akan sesuai dengan resep asli yang menggunakan gula merah.

3. Apakah saya bisa menambahkan bahan lain ke dalam kolak ubi?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa menambahkan kacang hijau, biji salak, atau topping lainnya yang disukai.

Kesimpulan

Itulah resep cara membuat kolak ubi sederhana yang enak dan mudah. Kolak ubi ini cocok disajikan sebagai makanan penutup atau saat sedang berkumpul bersama keluarga atau teman. Semoga resep ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kolak Ubi Sederhana