Cara Membuat Kliping Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kliping sederhana. Kliping sendiri adalah kumpulan berita atau artikel yang dipotong-potong dari koran atau majalah. Kliping sering digunakan sebagai bahan referensi atau tugas sekolah. Membuat kliping sederhana sebenarnya tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanyalah sedikit ketelitian dan kreativitas. Nah, berikut adalah cara membuat kliping sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kliping, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Koran atau majalah
2. Lem UHU
2. Kertas putih
3. Pensil
3. Kertas karton
4. Penggaris
4. Cutter

Pastikan alat dan bahan yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Setelah semua alat dan bahan siap, mari kita mulai membuat kliping sederhana.

Langkah-langkah Membuat Kliping Sederhana

1. Pilih Berita atau Artikel yang Ingin Dipotong

Langkah pertama dalam membuat kliping adalah memilih berita atau artikel yang ingin dipotong. Pilihlah berita atau artikel yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika kamu ingin membuat kliping tentang olahraga, pilihlah berita atau artikel yang berhubungan dengan olahraga.

2. Potong Berita atau Artikel yang Dipilih

Setelah memilih berita atau artikel yang ingin dipotong, langkah selanjutnya adalah memotongnya dengan gunting atau cutter. Potonglah berita atau artikel tersebut sesuai dengan bagian yang ingin kamu potong. Misalnya, jika kamu ingin memotong bagian kemenangan tim dalam pertandingan sepak bola, potonglah bagian tersebut dengan rapi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tepung Mocaf Sederhana

3. Tempelkan Berita atau Artikel pada Kertas Putih

Setelah berita atau artikel dipotong, langkah selanjutnya adalah menempelkannya pada kertas putih. Gunakan lem UHU untuk menempelkan berita atau artikel tersebut dengan rapi pada kertas putih. Pastikan lem yang digunakan merata agar lem tidak menumpuk di satu bagian saja.

4. Gunakan Kertas Karton Sebagai Latar Belakang

Setelah menempelkan berita atau artikel pada kertas putih, langkah selanjutnya adalah menggunakan kertas karton sebagai latar belakang. Pilihlah warna kertas karton yang sesuai dengan tema kliping yang kamu buat. Tempelkan kertas putih yang sudah berisi berita atau artikel pada kertas karton menggunakan lem UHU.

5. Berikan Judul Pada Kliping

Langkah terakhir dalam membuat kliping adalah memberikan judul pada kliping. Judul harus sesuai dengan isi dari kliping tersebut. Gunakan pensil untuk menggambar dan menulis judul pada kliping.

FAQ

1. Apakah bisa membuat kliping menggunakan bahan selain koran atau majalah?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan bahan lain seperti brosur atau pamflet.

2. Apakah kliping hanya bisa dibuat secara manual?

Tidak. Kamu juga bisa membuat kliping secara digital menggunakan aplikasi pengolah kata atau aplikasi edit foto.

3. Bagaimana cara membuat kliping yang lebih menarik?

Untuk membuat kliping yang lebih menarik, kamu bisa memilih berita atau artikel yang lebih bervariasi, menggunakan warna yang lebih cerah pada kertas karton, dan memberikan ilustrasi atau gambar pada kliping tersebut.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Kliping Sederhana