Cara Membuat Klep Pompa Hidram Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat klep pompa hidram sederhana yang dapat membantu dalam mengalirkan air di daerah yang sulit dijangkau oleh sumber air utama. Namun sebelum itu, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu pompa hidram dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Pompa Hidram?

Pompa hidram merupakan alat yang digunakan untuk mengalirkan air dari sumber air yang rendah ke daerah yang lebih tinggi. Alat ini menggunakan prinsip air yang mengalir dari pipa yang lebih tinggi ke pipa yang lebih rendah yang disebut dengan aliran balik. Prinsip ini memungkinkan alat ini dapat mengalirkan air dengan sendirinya tanpa menggunakan tenaga listrik atau mesin lainnya.

Cara Kerja Pompa Hidram

Prinsip kerja pompa hidram adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, air dialirkan dari sumber air utama ke tangki air pembuka (air chamber). Tangki air pembuka ini memiliki dua komponen, yaitu mulut masuk (inlet) dan klep pembuka (check valve).
  2. Ketika air mengalir menuju tangki air pembuka, tekanan air akan meningkat dan mengakibatkan klep pembuka tertutup, sehingga air tidak dapat kembali ke sumber air utama.
  3. Selanjutnya, ketika tekanan air mencapai titik tertentu, klep pembuka akan terbuka dan air akan mengalir ke bawah melalui pipa penampung (delivery pipe) menuju titik tujuan.
  4. Saat air mengalir ke bawah, tekanan air akan berkurang hingga menyebabkan klep penutup (foot valve) pada pipa penampung terbuka. Sehingga, air dari sumber air utama dapat mengalir kembali menuju tangki air pembuka dan memulai lagi siklus aliran balik.

Bagaimana Cara Membuat Klep Pompa Hidram Sederhana?

Untuk membuat klep pompa hidram sederhana, kamu memerlukan bahan-bahan dan alat-alat berikut:

TRENDING 🔥  Cara Memulai Bisnis Cafe Kopi Sederhana
Bahan-bahan
Alat-alat
1 buah pipa PVC berdiameter 2 inch
1 buah gergaji besi
1 buah pipa PVC berdiameter 1 inch
1 buah mesin bor
2 buah sambungan pipa PVC berdiameter 2 inch
1 buah bor besi
2 buah sambungan pipa PVC berdiameter 1 inch
1 buah kikir besi
1 buah klep bola berdiameter 1 inch
1 buah tang
1 buah klep penutup berdiameter 2 inch
1 buah kunci inggris
Selembar kain kasa
1 buah lem PVC
1 buah gunting

Langkah-langkah Membuat Klep Pompa Hidram Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat klep pompa hidram sederhana:

  1. Pertama-tama, ukur pipa PVC berdiameter 2 inch sepanjang 10 cm dan potong menggunakan gergaji besi.
  2. Lakukan pengeboran pada pipa PVC dengan diameter 1 inch sebanyak 2 lubang sejajar dengan jarak 2 cm dari ujung pipa menggunakan mesin bor besi. Pastikan kedua lubang memiliki diameter yang sama dengan klep bola berdiameter 1 inch.
  3. Sambungkan pipa PVC berdiameter 2 inch dengan sambungan pipa PVC berjarak 10 cm menggunakan lem PVC. Pastikan sambungan rapat dan kuat.
  4. Sambungkan klep bola berdiameter 1 inch ke dalam pipa PVC berdiameter 1 inch menggunakan kain kasa sebagai pengisi antara klep dan dinding pipa. Tutup kedua ujung pipa dengan klep penutup berdiameter 2 inch dan sambungan pipa PVC berdiameter 1 inch.
  5. Sambungkan pipa PVC berdiameter 1 inch pada ujung pipa yang terdapat klep bola menggunakan sambungan pipa PVC berdiameter 1 inch dan lem PVC.

FAQ tentang Klep Pompa Hidram

1. Apakah klep pompa hidram dapat digunakan untuk mengalirkan air ke bak penampung?

Ya, klep pompa hidram dapat digunakan untuk mengalirkan air ke bak penampung dengan beberapa persyaratan, seperti tinggi dan jarak yang tidak terlalu jauh.

2. Bisakah klep pompa hidram dibuat dari bahan lain selain PVC?

Ya, klep pompa hidram dapat dibuat dari bahan lain seperti logam atau kayu, namun perlu mempertimbangkan kekuatan dan ketahanan bahan terhadap air dan tekanan.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Kamar Sederhana Tapi Bagus

3. Apakah pompa hidram hanya dapat mengalirkan air dari sumber air rendah ke tinggi saja?

Tidak, pompa hidram dapat mengalirkan air dari sumber air tinggi ke rendah dengan menggunakan pompa hidram jenis tertentu yang disebut dengan pompa hidram balik.

Kesimpulan

Dengan membuat klep pompa hidram sederhana, Sobat Sederhana dapat membantu menyalurkan air ke daerah yang sulit dijangkau oleh sumber air utama. Namun, sebelum menggunakan alat ini, pastikan untuk memahami prinsip dan cara kerja pompa hidram agar alat ini dapat bekerja dengan maksimal.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Klep Pompa Hidram Sederhana