Cara Membuat Kipas Angin Portable Sederhana

Selamat datang sobat sederhana! Apa kabar hari ini? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara membuat kipas angin portable sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Kipas angin portable ini sangat berguna untuk membantu kamu mengatasi panas di musim panas, baik di dalam maupun di luar ruangan. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat kipas angin portable sederhana, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kawat 1 meter
2. Tang potong
2. Kertas karton
3. Pita isolasi
3. Motor DC 12V
4. Kabel tembaga
4. Baterai 12V
5. Solder
5. Kipas angin mini
6. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Kipas Angin Portable Sederhana

Langkah 1: Mempersiapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Langkah 2: Membuat Baterai Portabel

Langkah pertama dalam membuat kipas angin portable sederhana adalah membuat baterai portabel. Caranya adalah dengan menghubungkan kabel tembaga dengan baterai 12V menggunakan solder. Pastikan kabel tembaga sudah terhubung dengan baik dan kuat.

Selanjutnya, tutup baterai dengan menggunakan lem tembak agar terlihat lebih rapi dan aman digunakan.

Langkah 3: Memasang Motor DC

Setelah membuat baterai portabel, langkah selanjutnya adalah memasang motor DC 12V. Caranya adalah dengan menghubungkan kabel tembaga yang sudah terhubung dengan baterai ke motor DC. Pastikan koneksi sudah baik dan kuat.

Langkah 4: Membuat Kipas Angin Mini

Selanjutnya, kamu perlu membuat kipas angin mini. Caranya adalah dengan mengukur ukuran kertas karton yang sudah disiapkan dan menandainya menggunakan pensil.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kolam Taman Sederhana

Setelah itu, potonglah kertas karton sesuai dengan ukuran yang telah ditandai. Kemudian, bentuklah kertas karton menjadi kipas angin dan pasanglah pada motor DC yang sudah terpasang.

Langkah 5: Membuat Bendera dan Menyambungkan Kawat

Langkah terakhir dalam membuat kipas angin portable sederhana adalah membuat bendera dan menyambungkan kawat. Caranya adalah dengan memotong kertas karton yang tersisa menjadi bentuk segitiga, kemudian dihias sesuai dengan selera.

Setelah itu, lubangilah kertas karton untuk menyambungkan kawat. Lalu, sambungkan kawat dengan motor DC dan pasang bendera pada kawat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama baterai bisa digunakan?

Jawab: Baterai yang digunakan adalah baterai 12V, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tergantung pada besar kecilnya daya baterai.

2. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat kipas angin portable sederhana?

Jawab: Bahan yang diperlukan antara lain kawat, kertas karton, motor DC 12V, baterai 12V, kipas angin mini, dan lain sebagainya. Silahkan lihat informasi lengkapnya di atas.

3. Apakah kipas angin portable sederhana ini cukup kuat untuk mengatasi panas di musim panas?

Jawab: Kipas angin portable sederhana ini memang sederhana, namun cukup kuat untuk mengatasi panas di musim panas jika digunakan dengan benar dan dalam jangka waktu yang tepat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Demikianlah cara membuat kipas angin portable sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu menghadapi panas di musim panas. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menggunakan alat dengan benar. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kipas Angin Portable Sederhana