Cara Membuat Kimchi Lobak Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu penikmat makanan Asia? Jika iya, kamu pasti sudah tidak asing dengan kimchi. Kimchi adalah makanan asli Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Salah satu jenis kimchi yang cukup populer adalah kimchi lobak.

Apa itu Kimchi Lobak?

Kimchi lobak adalah jenis kimchi yang terbuat dari lobak yang sudah diiris tipis dan dibumbui dengan bumbu kimchi. Biasanya kimchi lobak dimakan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai cemilan. Kimchi lobak memiliki rasa yang asam dan pedas sehingga cocok untuk Sobat Sederhana yang suka makanan yang beraroma kuat.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Lobak
500 gram
Garam Halus
2 sendok makan
Bawang Putih
5 siung
Cabe Merah
5 buah
Tepung Beras
2 sendok makan
Gula Pasir
2 sendok makan
Jahe
2 ruas jari
Daun Bawang
3 batang
Wortel
1 buah
Lada Bubuk
1 sendok makan

Cara Membuat Kimchi Lobak Sederhana

1. Iris Lobak

Pertama-tama, cuci bersih lobak dan iris tipis-tipis. Letakkan irisan lobak dalam wadah dan taburi dengan garam. Aduk rata dan biarkan selama 30 menit hingga lobak mengeluarkan air.

2. Haluskan Bawang Putih, Cabe, dan Jahe

Kedua, haluskan bawang putih, cabe, dan jahe menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tambahkan tepung beras, gula pasir, dan lada bubuk. Aduk rata.

3. Iris Wortel dan Daun Bawang

Ketiga, iris wortel dan daun bawang menjadi ukuran yang sama dengan lobak. Tambahkan irisan wortel dan daun bawang ke dalam wadah yang berisi lobak yang sudah mengeluarkan air.

4. Campurkan Bumbu dengan Lobak

Keempat, campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan lobak, wortel, dan daun bawang. Aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena TV VHF Sederhana

5. Simpan Kimchi Lobak dalam Wadah yang Bersih

Terakhir, simpan kimchi lobak dalam wadah yang bersih dan rapatkan tutupnya. Biarkan selama 2-3 hari hingga kimchi lobak menjadi lebih asam. Setelah itu, kimchi lobak siap untuk dihidangkan.

FAQ tentang Cara Membuat Kimchi Lobak Sederhana

1. Apakah Kimchi Lobak Bisa Dibuat dengan Lobak Mentah?

Ya, kimchi lobak bisa dibuat dengan lobak mentah. Namun, perlu diingat bahwa lobak mentah memiliki rasa yang lebih kuat dan tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan lobak yang sudah diproses. Jadi, pastikan Sobat Sederhana memotong lobak mentah dengan sangat tipis agar mudah diolah dan tidak terlalu keras saat dikonsumsi.

2. Bisakah Kimchi Lobak Disimpan di Kulkas?

Ya, kimchi lobak bisa disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Simpan kimchi lobak dalam stoples atau wadah yang rapat dan letakkan di dalam kulkas. Kimchi lobak yang sudah matang bisa bertahan hingga 1-2 minggu dalam kulkas.

3. Bisakah Kimchi Lobak Dibuat dengan Bahan Lain Selain Lobak?

Tentu saja. Kimchi lobak bisa dibuat dengan bahan-bahan lain seperti wortel, lobak putih, dan kol. Namun, pastikan Sobat Sederhana menyesuaikan takaran bumbu dan waktu fermentasi agar hasilnya tetap enak dan lezat.

Kesimpulan

Demikianlah resep kimchi lobak sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Kimchi lobak bisa dijadikan lauk pendamping nasi atau sebagai cemilan saat Sedang bosan dengan camilan biasa. Selain itu, kimchi lobak juga kaya akan nutrisi dan vitamin sehingga cocok dijadikan menu sehat untuk keluarga. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kimchi Lobak Sederhana untuk Sobat Sederhana