Cara Membuat Keripik Terong Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Apa kabar? Jika kamu suka dengan camilan ringan, maka kamu pasti sudah tidak asing dengan keripik terong. Keripik terong adalah camilan yang terbuat dari irisan tipis terung yang digoreng kering. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kamu ketagihan saat mencobanya. Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli keripik terong di toko. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat keripik terong sederhana yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan untuk Membuat Keripik Terong

Sebelum memulai membuat keripik terong, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Terong
2 buah
Tepung beras
100 gram
Salt
Secukupnya
Minyak goreng
Secukupnya

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan tersebut sebelum memulai membuat keripik terong.

Cara Membuat Keripik Terong Sederhana

1. Siapkan Terong

Cuci terong dengan bersih dan lalu iris tipis-tipis. Kamu bisa menggunakan alat pengiris atau pisau tajam untuk melakukannya. Usahakan irisan terong berukuran sama supaya hasil akhirnya nanti merata.

2. Taburi Tepung

Letakkan irisan terong di atas wadah dan taburi dengan tepung beras dan salt. Aduk rata hingga seluruh irisan terong terlapisi dengan tepung beras.

3. Panaskan Minyak Goreng

Panaskan minyak goreng di dalam wajan hingga benar-benar panas. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng seluruh irisan terong.

4. Goreng Terong

Masukkan irisan terong ke dalam minyak panas. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan dan Nikmati

Keripik terong sederhana sudah siap untuk disajikan. Kamu bisa menambahkan bumbu tambahan seperti cabe bubuk atau keju parut untuk menambahkan cita rasa.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mixer Adonan Sederhana

FAQ

1. Apa jenis terong yang terbaik untuk membuat keripik?

Terong jenis apa saja bisa digunakan untuk membuat keripik terong. Namun, terong yang memiliki daging yang tebal seperti terong ungu lebih disarankan karena hasilnya akan lebih renyah.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat keripik terong?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat keripik terong tergantung pada jumlah terong yang digunakan dan kecepatan penggorengan. Secara umum, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30-45 menit.

3. Bolehkah menggoreng keripik terong dengan menggunakan minyak kelapa?

Boleh saja. Minyak kelapa memiliki cita rasa yang khas dan akan memberikan kesan yang lebih gurih pada keripik terong.

4. Apakah keripik terong bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Keripik terong bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat sejuk dan kering. Dalam kondisi tersebut, keripik terong bisa bertahan hingga 2 minggu.

5. Bagaimana agar keripik terong tidak mudah layu?

Kamu bisa menambahkan sedikit garam atau bahan pengawet yang alami seperti cuka atau air jeruk nipis saat melapisi terong dengan tepung beras. Hal tersebut bisa membantu mencegah keripik terong menjadi lembek dan layu.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Keripik Terong Sederhana untuk Sobat Sederhana