Cara Membuat Keripik Tempe Sederhana

Assalamualaikum, Sobat Sederhana! Kali ini saya akan berbagi resep tentang cara membuat keripik tempe sederhana yang mudah dan bisa kamu buat di rumah. Tempe merupakan makanan yang kaya akan gizi dan baik untuk kesehatan. Dalam proses pembuatan keripik, tempe juga bisa dijadikan sebagai bahan utama yang gurih dan nikmat untuk disantap. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat keripik tempe sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik tempe sederhana ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Tepung beras
150 gram
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Air matang
150 ml
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembuatan.

Proses Pembuatan

Berikut adalah tahapan dalam membuat keripik tempe sederhana:

1. Potong Tempe

Potong tempe menjadi irisan tipis dan pipih menggunakan pisau. Pastikan irisan tempe seimbang dan tipis agar hasilnya merata dan renyah.

2. Campurkan Bahan

Campurkan tepung beras, garam, dan merica ke dalam wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kental.

3. Celupkan Tempe

Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung beras hingga semua permukaan tempe terlapisi tepung. Pastikan irisan tempe terlapisi dengan sempurna dan tidak ada yang terlewat.

4. Goreng Tempe

Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng irisan tempe yang sudah diberi tepung beras hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan Keripik Tempe

Keripik tempe sederhana siap untuk disajikan. Kamu bisa menyantapnya sebagai camilan di waktu luang atau menyajikannya sebagai pelengkap makanan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Buket Jajan Sederhana

FAQ

1. Bagaimana cara membuat keripik tempe agar renyah?

Untuk membuat keripik tempe renyah, pastikan potongan tempe tipis dan seimbang. Selain itu, proses penggorengan juga harus dilakukan dengan minyak yang sudah cukup panas dan api yang sedang agar keripik tempe tidak terlalu lembek.

2. Apa saja variasi rasa yang dapat ditambahkan pada keripik tempe?

Beberapa variasi rasa yang bisa ditambahkan pada keripik tempe antara lain gula, bubuk cabe, bubuk bawang, maupun bumbu lain sesuai dengan selera. Namun, jika kamu ingin membuat keripik tempe yang lebih sehat, sebaiknya hindari tambahan gula atau bahan-bahan berlemak.

3. Berapa lama keripik tempe bisa disimpan?

Keripik tempe dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempat yang kering hingga beberapa minggu. Namun, sebaiknya konsumsi dalam waktu tidak terlalu lama agar lebih segar dan tidak terlalu keras.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat keripik tempe sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan proses yang tidak terlalu sulit, kamu bisa memperoleh camilan yang enak dan sehat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Keripik Tempe Sederhana