Cara Membuat Keripik Kelapa Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat keripik kelapa sederhana. Keripik kelapa adalah salah satu camilan favorit keluarga Indonesia. Selain rasanya yang enak dan gurih, keripik kelapa juga mudah dibuat. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat keripik kelapa, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kelapa parut kasar
1 buah
Garam
secukupnya
Air matang
secukupnya

Simpel sekali, kan? Langsung ke langkah selanjutnya!

Cara membuat

Sobat Sederhana, ini dia cara membuat keripik kelapa yang sederhana:

1. Menyiapkan kelapa parut

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan kelapa parut kasar. Pastikan sudah membersihkan kelapa terlebih dahulu sebelum memarutnya. Setelah itu, letakkan kelapa parut di dalam wadah bersih.

2. Menambahkan garam

Setelah menyiapkan kelapa, tambahkan garam secukupnya ke dalam wadah tersebut. Aduk merata hingga garam tercampur dengan baik dengan kelapa parut.

3. Menambahkan air

Tambahkan air matang ke dalam wadah sedikit-sedikit sambil diaduk hingga kelapa parut tercampur merata dengan air.

4. Memasak kelapa

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Setelah itu, masukkan kelapa parut ke dalam wajan dan goreng hingga kecokelatan. Jangan lupa diaduk supaya tidak gosong dan matang merata.

5. Mengeringkan keripik kelapa

Setelah kelapa matang, angkat dan tiriskan sebentar agar minyak berlebih tidak menempel. Letakkan keripik kelapa di atas tisu agar minyak terserap. Setelah itu, letakkan keripik kelapa di atas loyang dan beri alas kertas roti. Keringkan di bawah sinar matahari atau oven hingga keripik kelapa benar-benar kering dan renyah.

Tips

Agar keripik kelapa hasilnya lebih renyah dan gurih, Sobat Sederhana bisa menambahkan bumbu lain seperti bubuk cabe atau bubuk rempah-rempah. Selain itu, pastikan kelapa yang digunakan segar dan dalam kondisi yang baik sehingga keripik kelapa lebih enak dan tidak mudah berjamur.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Hilangkan Vocal pada Lagu

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika keripik kelapa tidak renyah?

Jika keripik kelapa tidak renyah, Sobat Sederhana bisa mengeringkannya lebih lama atau menambahkan tepung maizena saat menggoreng kelapa.

2. Bagaimana cara menyimpan keripik kelapa?

Keripik kelapa dapat disimpan di dalam wadah kedap udara untuk menjaga keawetannya. Pastikan juga tidak menyimpannya di tempat yang lembab agar keripik kelapa tidak mudah berjamur.

3. Apakah keripik kelapa dapat disimpan lama?

Ya, keripik kelapa bisa disimpan dalam waktu yang lama asalkan disimpan dengan benar seperti disimpan dalam wadah kedap udara dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat keripik kelapa sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati keripik kelapa yang lezat! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Keripik Kelapa Sederhana