Cara Membuat Kentucky Ayam Crispy Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa sih yang tidak suka dengan ayam crispy, apalagi kalau bukan es kentucky? Bagi yang suka masak dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep kentucky ayam crispy sederhana yang bisa kalian coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat ayam kentucky crispy, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di dapur. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Ayam fillet
500 gram
Tepung terigu serbaguna
250 gram
Baking powder
1 sendok teh
Garam dapur
1 sendok teh
Merica bubuk
1/2 sendok teh
Bawang putih bubuk
1/2 sendok teh
Paprika bubuk
1/2 sendok teh
Thyme kering
1/2 sendok teh
Santan kental
100 ml
Telur
2 buah
Air es
500 ml
Minyak goreng
secukupnya

Langkah Pembuatan

1. Siapkan Ayam Fillet

Cuci bersih ayam fillet, kemudian tiriskan airnya. Setelah itu, potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil dan ukuran yang sesuai dengan selera.

2. Buat Adonan Basah

Aduk rata santan kental dengan telur dan air es. Kemudian, sisihkan dan siapkan adonan kering.

3. Buat Adonan Kering

Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu, baking powder, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, dan thyme kering. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Campurkan Adonan Kering ke Adonan Basah

Campurkan adonan kering ke dalam adonan basah sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur sempurna.

5. Masukkan Ayam ke Adonan Kering

Masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam adonan kering. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan adonan tersebut.

6. Celupkan Ayam ke Adonan Basah

Celupkan ayam yang sudah dibalut adonan kering ke dalam adonan basah. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan adonan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Umpan Ikan Nilem Sederhana

7. Goreng Ayam Kentang

Panaskan minyak goreng dalam wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Setelah itu, masukkan ayam kentucky crispy ke dalam minyak goreng dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

FAQ

1. Berapa Lamakah Waktu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kentucky Ayam Crispy Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kentucky ayam crispy sederhana sekitar 30 sampai 45 menit. Namun, waktu ini bisa berbeda-beda tergantung pada kecepatan Anda dalam mempersiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah pembuatan.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Tidak Menempel pada Ayam?

Jika adonan tidak menempel pada ayam, mungkin itu disebabkan oleh adonan kering yang terlalu kering atau adonan basah yang terlalu encer. Pastikan untuk membuat adonan dengan takaran yang tepat dan tidak terlalu kering atau terlalu encer.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Ayam Tidak Renyah?

Jika ayam tidak renyah, mungkin itu disebabkan oleh minyak yang kurang panas atau ayam yang terlalu banyak dimasukkan ke dalam minyak goreng. Pastikan minyak dalam wajan sudah dipanaskan dengan baik sebelum menggoreng ayam dan jangan melebih-lebihkan jumlah ayam yang dimasukkan ke dalam minyak goreng.

4. Apakah Bisa Mengganti Santan Kental dengan Susu atau Air?

Bisa, namun hasil akhirnya mungkin akan sedikit berbeda. Santan kental memberikan rasa khas pada ayam kentucky crispy. Jika mengganti dengan susu atau air, hasil akhirnya mungkin akan sedikit berbeda dari resep asli.

5. Bisa Mempercepat Waktu Pembuatan?

Bisa. Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan sebelumnya dan menyiapkan adonan kering dan basah sebelumnya. Hal ini akan mempercepat waktu pembuatan ayam kentucky crispy sederhana.

Kesimpulan

Nah, itulah sobat sederhana cara membuat kentucky ayam crispy sederhana yang bisa kalian ikuti di rumah. Pastikan mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan baik dan tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan jangan lupa bagi-bagi ke teman-teman dan keluarga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Odeng Sederhana Tidak Pake Ikan

Cara Membuat Kentucky Ayam Crispy Sederhana