Cara Membuat Kembang Goyang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kembang goyang sederhana. Kembang goyang merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung terigu dan gula. Rasanya yang manis dan renyah membuat kembang goyang menjadi camilan favorit banyak orang. Nah, tidak perlu khawatir jika kalian ingin membuat kembang goyang sendiri di rumah, karena kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap untuk membuat kembang goyang sederhana.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kembang goyang, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kembang goyang sederhana:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
50 gram
Santan kental
250 ml
Garam
1/4 sendok teh
Air secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan berkualitas baik agar hasilnya juga memuaskan.

Cara Membuat Kembang Goyang Sederhana

1. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Pasir

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan gula pasir dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan untuk sementara.

2. Panaskan Santan

Panaskan santan kental hingga mendidih. Tambahkan garam dan aduk rata. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

3. Tambahkan Air

Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air secukupnya. Aduk lagi hingga adonan menjadi cukup encer, namun tetap kental. Setelah itu, diamkan adonan selama 10-15 menit.

4. Goreng Adonan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan adonan dalam cetakan kembang goyang. Goreng adonan hingga matang dan berwarna kecokelatan.

5. Siap Disajikan

Ambil kembang goyang dari cetakan dan tiriskan. Setelah dingin, kembang goyang sederhana siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Mawar Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat kembang goyang menjadi keras?

Jika kembang goyang terlalu keras setelah digoreng, kemungkinan adonannya terlalu kental atau tidak dicampur rata. Pastikan adonan cukup encer namun tetap kental, dan diaduk rata sebelum digoreng.

2. Bisa menggunakan santan instan?

Bisa, namun santan instan kurang memiliki rasa dan tekstur yang sama dengan santan asli. Jika menggunakan santan instan, pastikan memilih yang berkualitas baik dan ikuti petunjuk pada kemasan.

3. Apa yang membuat kembang goyang renyah?

Kembang goyang menjadi renyah karena adonannya digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan juga adonan cukup encer dan dicampur rata agar hasilnya renyah.

4. Bisakah membuat kembang goyang dengan rasa lain?

Bisa. Kalian bisa menambahkan pewarna atau bahan-bahan lain seperti keju atau coklat ke dalam adonan untuk memberikan rasa dan warna yang berbeda pada kembang goyang.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kembang goyang sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kembang goyang sederhana adalah sekitar 30-45 menit, tergantung pada pengalaman dan keahlian dalam membuatnya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kembang Goyang Sederhana