Cara Membuat Kandang Umbaran Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang umbaran sederhana. Kandang umbaran adalah wadah yang digunakan untuk memelihara burung agar dapat bergerak bebas dan terbang di dalam ruangan. Selain itu, kandang umbaran juga dapat digunakan untuk melatih burung agar lebih cepat mengerti saat dilatih di luar ruangan. Berikut adalah cara membuat kandang umbaran sederhana.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan kandang umbaran, tentunya kita harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Palu
Kayu
Gergaji
Kawat
Baut
Plat besi
Obeng
Lem kayu

Perlu diingat bahwa ukuran alat dan bahan bisa disesuaikan dengan ukuran kandang yang ingin dibuat. Selain itu, pastikan alat dan bahan yang digunakan berkualitas agar kandang umbaran dapat bertahan lama.

2. Membuat Kerangka Kandang

Setelah alat dan bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka kandang. Berikut adalah cara membuat kerangka kandang:

2.1. Potong Kayu Sesuai Ukuran

Pertama-tama, potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan untuk membuat kerangka kandang. Ukuran kandang umbaran yang standar adalah 50 cm x 50 cm x 70 cm. Namun, Sobat Sederhana dapat menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

2.2. Sambung Kayu dengan Baut

Setelah kayu terpotong, sambung kayu dengan baut sesuai dengan bentuk kerangka yang diinginkan. Pastikan kerangka kandang padat dan kokoh.

2.3. Pasang Plat Besi Sebagai Pemberat

Untuk membuat kandang umbaran lebih stabil, pasang plat besi sebagai pemberat di bagian bawah kandang. Plat besi akan membuat kandang umbaran tidak mudah bergoyang.

2.4. Pasang Kaki Kandang

Pasang kaki kandang untuk membuat kandang umbaran tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Hal ini akan membuat kandang umbaran lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah rusak karena terkena air.

TRENDING 🔥  Cara Buat Sop Daging Sederhana Dan Gambarnya

2.5. Pasang Kawat pada Bagian Atas Kandang

Terakhir, pasang kawat pada bagian atas kandang untuk membuat burung tidak bisa terbang keluar dari kandang. Pastikan kawat kuat dan tidak mudah putus.

3. Menambahkan Peralatan Kandang

Setelah kerangka kandang selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan peralatan kandang. Berikut adalah peralatan yang perlu ditambahkan pada kandang umbaran:

3.1. Tempat Makan dan Minum

Pasang tempat makan dan minum di dalam kandang umbaran. Pastikan tempat makan dan minum mudah dijangkau oleh burung dan mudah dibersihkan.

3.2. Tempat Bertengger

Pasang tempat bertengger di dalam kandang umbaran. Tempat bertengger ini berfungsi sebagai tempat burung beristirahat. Pastikan tempat bertengger nyaman dan mudah digunakan oleh burung.

3.3. Mainan

Tambahkan mainan di dalam kandang umbaran untuk membuat burung tidak bosan. Mainan yang dapat digunakan antara lain ayunan, kerincingan, dan lonceng.

4. Menempatkan Burung pada Kandang Umbaran

Setelah kandang umbaran selesai dibuat dan peralatan kandang sudah ditambahkan, langkah terakhir adalah menempatkan burung pada kandang umbaran. Pastikan burung sudah siap untuk ditempatkan di dalam kandang umbaran dan kandang umbaran sudah benar-benar bersih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara membersihkan kandang umbaran?

Jawaban: Untuk membersihkan kandang umbaran, Sobat Sederhana dapat membersihkan tempat makan dan minum setiap hari, membersihkan tempat bertengger setiap minggu, dan membersihkan seluruh kandang umbaran setidaknya satu kali dalam dua minggu.

2. Berapa harga untuk membuat kandang umbaran?

Jawaban: Harga untuk membuat kandang umbaran tergantung dari ukuran dan kualitas bahan yang digunakan. Namun, secara umum kandang umbaran sederhana dapat dibuat dengan biaya kurang lebih Rp 200.000,-.

3. Apakah kandang umbaran bisa digunakan untuk semua jenis burung?

Jawaban: Tidak semua jenis burung cocok untuk dipelihara di dalam kandang umbaran. Pastikan jenis burung yang dipelihara sesuai dengan kandang umbaran yang dibuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Air Mancur Sederhana

4. Apakah kandang umbaran harus selalu diletakkan di dalam ruangan?

Jawaban: Tidak harus. Kandang umbaran juga bisa ditempatkan di luar ruangan asalkan terdapat penutup untuk melindungi burung dari terik matahari dan hujan.

5. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat kandang umbaran?

Jawaban: Waktu yang diperlukan untuk membuat kandang umbaran tergantung dari tingkat kesulitan dan keahlian dalam membuatnya. Namun, secara umum kandang umbaran sederhana dapat dibuat dalam waktu kurang lebih 3 hari.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kandang Umbaran Sederhana untuk Sobat Sederhana