Cara Membuat Kambing Guling Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pasti kamu sedang mencari cara membuat kambing guling yang sederhana, ya? Nah, artikel ini cocok banget buat kamu yang ingin mencoba membuat kambing guling sendiri di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kambing guling, kita harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kambing guling sederhana:

Alat
Bahan
1. Panggangan khusus kambing guling
1. Satu ekor kambing
2. Selang gas
2. Bumbu khusus kambing guling
3. Regulator gas
3. Aluminium foil
4. Timbangan
4. Minyak goreng
5. Pisau daging
5. Cabai rawit
6. Garam
7. Kunyit
8. Bawang putih
9. Jahe

Sudah siapkan semua alat dan bahan? Mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

Cara Membuat Kambing Guling Sederhana

1. Persiapkan Kambing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan kambing. Pastikan kambing yang akan digunakan sudah bersih dari bulu dan kotoran. Kemudian timbang berat kambing untuk menyesuaikan jumlah bumbu yang dibutuhkan.

2. Buat Bumbu Khusus

Bumbu khusus kambing guling terdiri dari cabai rawit, garam, kunyit, bawang putih, dan jahe. Semua bahan tersebut dihaluskan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit dan aduk hingga bumbu tercampur rata.

3. Lumuri Kambing dengan Bumbu

Selanjutnya, lumuri kambing dengan bumbu khusus yang sudah dibuat tadi. Pastikan bumbu merata di seluruh permukaan kambing. Setelah itu, bungkus kambing dengan aluminium foil agar bumbu tidak mudah hilang.

4. Siapkan Panggangan

Siapkan panggangan khusus kambing guling dan pasang selang gas serta regulator gas. Nyalakan api dan biarkan panggangan panas terlebih dahulu sebelum meletakkan kambing di atas panggangan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Filter Aquarium Sederhana

5. Panggang Kambing

Panggang kambing dengan api kecil selama 4-5 jam. Pastikan kambing dipanggang dengan posisi terbalik agar daging kambing matang dengan sempurna. Cek kematangan daging secara berkala dan tambahkan bumbu khusus jika dirasa kurang.

6. Sajikan

Setelah daging kambing matang sempurna, angkat kambing dari panggangan dan potong-potong dagingnya. Sajikan dengan nasi dan sambal untuk menambah cita rasa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus menggunakan panggangan khusus kambing guling?

Ya, untuk membuat kambing guling yang enak dan merata matangnya, panggangan khusus kambing guling sangat diperlukan. Tidak disarankan menggunakan panggangan biasa karena akan sulit mengatur suhu dan posisi kambing.

2. Bisa gak bumbu khususnya dibuat sendiri?

Bisa, kamu bisa membuat bumbu khusus sesuai selera dengan menggunakan bahan-bahan yang diinginkan.

3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat kambing guling?

Waktu yang diperlukan untuk membuat kambing guling adalah sekitar 4-5 jam. Namun, waktu bisa berbeda tergantung berat kambing dan suhu api yang digunakan.

4. Bagaimana cara mempertahankan suhu api di panggangan?

Gunakan regulator gas untuk mengatur suhu api agar tetap konstan. Tambahkan atau kurangi api sesuai dengan suhu yang dibutuhkan agar daging kambing matang dengan baik.

5. Apakah harus membungkus kambing dengan aluminium foil?

Ya, dengan membungkus kambing menggunakan aluminium foil akan membantu bumbu agar tidak mudah hilang dan meresap ke dalam daging kambing.

Penutup

Nah Sobat Sederhana, itu dia cara membuat kambing guling sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua alat dan bahan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Burger Sederhana untuk Dijual

Cara Membuat Kambing Guling Sederhana