Cara Membuat Kalkulator Sederhana

Selamat datang, Sobat Sederhana! Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kalkulator sederhana. Kalkulator sederhana ini sangat berguna bagi Anda yang sering menghitung angka-angka dalam keseharian, seperti menghitung uang belanja atau menghitung nilai rata-rata. Yuk, simak tutorial berikut ini!

1. Mengenal Bahasa Pemrograman JavaScript

Sebelum memulai membuat kalkulator sederhana, Sobat Sederhana perlu mengenal terlebih dahulu bahasa pemrograman yang digunakan yaitu JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website interaktif. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan JavaScript untuk membuat kalkulator sederhana.

Jika Sobat Sederhana belum mengenal bahasa pemrograman JavaScript, Sobat Sederhana dapat mempelajari terlebih dahulu melalui situs-situs belajar pemrograman online, seperti Codecademy atau W3Schools.

2. Membuat Struktur HTML Dasar

Setelah mengenal bahasa pemrograman JavaScript, langkah selanjutnya adalah membuat struktur HTML dasar untuk kalkulator sederhana. Struktur HTML ini terdiri dari beberapa elemen, seperti input untuk memasukkan angka, tombol untuk melakukan operasi matematika, dan output untuk menampilkan hasil perhitungan.

Berikut adalah contoh struktur HTML dasar yang dapat Sobat Sederhana gunakan:

“`htmlKalkulator Sederhana

“`

Dalam struktur HTML ini, terdapat tiga elemen input, yaitu input untuk memasukkan angka pertama, operator matematika, dan angka kedua. Kemudian, terdapat tombol Hitung yang akan memanggil fungsi hitung() saat diklik. Terakhir, terdapat elemen input untuk menampilkan hasil perhitungan.

3. Menambahkan CSS untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Setelah membuat struktur HTML dasar, langkah selanjutnya adalah menambahkan CSS agar tampilan kalkulator sederhana lebih menarik. CSS digunakan untuk mengatur tampilan website, seperti warna, ukuran, dan bentuk elemen-elemen pada website.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Sederhana

Berikut adalah contoh CSS yang dapat Sobat Sederhana gunakan:

“`htmlKalkulator Sederhana

“`

Dalam CSS ini, elemen input dan select diberi padding, ukuran font, dan border-radius untuk menjadikan tampilan lebih menarik. Tombol Hitung diberi warna latar belakang biru dan teks putih agar terlihat lebih menonjol. Sedangkan label Hasil diberi ukuran font agar terlihat lebih jelas.

4. Membuat Fungsi untuk Menghitung Angka

Setelah membuat tampilan kalkulator sederhana, langkah selanjutnya adalah membuat fungsi untuk menghitung angka. Fungsi ini akan dipanggil saat tombol Hitung diklik.

Berikut adalah contoh fungsi hitung() yang dapat Sobat Sederhana buat:

“`htmlKalkulator Sederhana

“`

Dalam fungsi hitung() ini, pertama-tama kita mengambil nilai dari input angka1 dan angka2 menggunakan document.getElementById(). Kemudian, kita juga mengambil nilai operator yang dipilih oleh user dari select menggunakan document.getElementById(). Setelah itu, menggunakan switch case untuk mengecek operator yang dipilih user dan melakukan operasi matematika sesuai dengan operator yang dipilih. Hasil perhitungan akan ditampilkan pada input hasil menggunakan document.getElementById().

5. Membuat Tabel Perhitungan

Setelah berhasil membuat kalkulator sederhana, Sobat Sederhana dapat menambahkan tabel perhitungan agar dapat menyimpan riwayat perhitungan yang telah dilakukan. Tabel ini juga dapat membantu Sobat Sederhana dalam melacak hasil perhitungan sebelumnya.

Berikut adalah contoh struktur tabel perhitungan yang dapat Sobat Sederhana gunakan:

“`htmlKalkulator Sederhana

Angka Pertama Operator Angka Kedua Hasil

“`

Dalam contoh tabel perhitungan ini, kita menggunakan tag table untuk membuat tabel, tag tr untuk membuat baris dalam tabel, dan tag th dan td untuk membuat kolom dalam tabel. Setiap kali user menekan tombol Hitung, data perhitungan akan ditambahkan sebagai baris baru dalam tabel menggunakan fungsi insertRow() dan insertCell().

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Tepung Sederhana

6. Menambahkan Fitur Hapus pada Tabel Perhitungan

Untuk memudahkan Sobat Sederhana dalam menghapus riwayat perhitungan yang tidak diperlukan, Sobat Sederhana dapat menambahkan fitur hapus pada tabel perhitungan. Fitur ini akan membuat tabel menjadi lebih interaktif dan memudahkan Sobat Sederhana dalam mengelola data perhitungan.

Berikut adalah contoh kode JavaScript untuk menambahkan fitur hapus pada tabel perhitungan:

“`htmlKalkulator Sederhana

Angka Pertama Operator Angka Kedua Hasil Aksi

“`

Dalam contoh kode di atas, kita menambahkan tombol hapus pada setiap baris tabel perhitungan menggunakan tag button. Saat tombol hapus diklik, data perhitungan sebelumnya akan dihapus menggunakan fungsi removeChild().

7. Menambahkan Fitur Validasi Input

Validasi input berguna untuk memastikan bahwa input yang dimasukkan oleh user sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dalam kalkulator sederhana, validasi input digunakan untuk memastikan bahwa nilai yang dimasukkan oleh user berupa angka dan bahwa angka yang dimasukkan tidak melebihi batas maksimum atau minimum yang telah ditentukan.

Berikut adalah contoh kode JavaScript untuk menambahkan fitur validasi input:

“`htmlKalkulator Sederhana