Cara Membuat Inverter Sederhana dan Murah – Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu tertarik untuk membuat inverter sederhana dan murah? Inverter adalah alat yang dapat mengubah arus listrik DC (arah searah) menjadi AC (arah bolak-balik), sehingga bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik seperti lampu atau kipas. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat inverter sederhana dan murah. Yuk simak!

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:

Bahan
Peralatan
– Trafo 12-0-12
– Multimeter
– Transistor NPN (TIP122)
– Solder
– Resistor 10kΩ
– Timah solder
– Kapasitor 10µF dan 100µF
– Tang dan gunting
– Diode 1N4007
– PCB (Printed Circuit Board)
– IC LM7812
– Kabel listrik
– Heat Sink
– Guntingan PCB

Setelah semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, sekarang kita bisa mulai membuat inverter sederhana dan murah.

Pembuatan Inverter

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan inverter sederhana dan murah:

1. Membuat Rangkaian Driver

Langkah pertama adalah membuat rangkaian driver menggunakan transistor NPN (TIP122) dan resistansi 10kΩ. Berikut adalah diagram rangkaian driver:

Setelah merakit rangkaian driver, hubungkan kabel listrik pada tiap pin transistor untuk menghindari overheat. Kemudian, pasang juga heat sink pada transistor untuk mendinginkannya.

2. Membuat Rangkaian Inverter

Setelah rangkaian driver sudah siap, selanjutnya buatlah rangkaian inverter menggunakan IC LM7812, kapasitor 10µF, kapasitor 100µF, dan diode 1N4007. Berikut adalah diagram rangkaian inverter:

Sambungkan output dari rangkaian driver ke input dari rangkaian inverter pada pin 1 dan pin 2 IC LM7812. Selanjutnya, pasang kapasitor 10µF dan diode 1N4007 pada pin 2 dan pin 3 IC LM7812, serta kapasitor 100µF pada pin 1 dan pin 2 IC LM7812. Pastikan juga kabel listrik sudah terpasang dengan rapat pada tiap-tiap pin dan jalur rangkaian.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kandang Sapi Sederhana

3. Membuat Trafo Step-up

Langkah terakhir adalah membuat trafo step-up menggunakan trafo 12-0-12. Buatlah beberapa gulungan pada sekunder trafo hingga mencapai 220V. Kemudian, sambungkan output dari inverter menggunakan kabel listrik pada trafo primer dan trafo sekunder.

FAQ

1. Apa itu inverter?

Inverter adalah alat yang dapat mengubah arus listrik DC (arah searah) menjadi AC (arah bolak-balik), sehingga bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik seperti lampu atau kipas.

2. Apa kegunaan inverter?

Kegunaan inverter adalah untuk mengubah arus listrik DC menjadi AC, sehingga bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik seperti lampu atau kipas.

3. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat inverter sederhana dan murah?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat inverter sederhana dan murah antara lain trafo 12-0-12, transistor NPN (TIP122), resistor 10kΩ, kapasitor 10µF dan 100µF, diode 1N4007, IC LM7812, dan heat sink.

4. Bagaimana cara membuat rangkaian driver pada inverter?

Untuk membuat rangkaian driver pada inverter, gunakan transistor NPN (TIP122) dan resistansi 10kΩ. Pasang juga heat sink pada transistor untuk mendinginkannya.

5. Apa saja komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian inverter pada inverter sederhana dan murah?

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian inverter pada inverter sederhana dan murah antara lain IC LM7812, kapasitor 10µF, kapasitor 100µF, dan diode 1N4007.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah panduan untuk membuat inverter sederhana dan murah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Sobat Sederhana dapat membuat inverter sendiri tanpa harus membeli yang mahal. Jangan lupa berhati-hati saat merakit dan menggunakan alat ini ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Biodiesel Sederhana

Cara Membuat Inverter Sederhana dan Murah – Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana