Cara Membuat Inverter DC to AC Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat inverter DC to AC sederhana. Inverter merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah arus DC (Direct Current) menjadi AC (Alternating Current) yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan rumah tangga seperti lampu, kipas angin, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat inverter DC to AC sederhana yang dapat kamu praktekkan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Yuk, simak selengkapnya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat inverter, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
Solder
Transistor TIP35C
Flux
Diode 1N5408
Gunting
Capasitor 10uF
Penggaris
Capasitor 220uF
Kawat timah
Resistor 220 ohm
Papan rangkaian
Transformator CT 12V/220V

Pastikan kamu telah menyiapkan semua alat dan bahan dengan teliti sebelum memulai membuat inverter.

2. Membuat Rangkaian Inverter

Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian inverter. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Step 1: Memasang Transistor dan Diode

Pertama-tama, letakkan transistor TIP35C dan diode 1N5408 pada papan rangkaian dan solder keduanya secara bersamaan. Pastikan posisi kaki transistor dan diode telah benar.

Step 2: Memasang Capasitor dan Resistor

Setelah transistor dan diode telah terpasang dengan baik, letakkan capasitor 10uF, capasitor 220uF, dan resistor 220 ohm pada papan rangkaian dan solder keduanya secara bersamaan. Pastikan posisi kaki capasitor dan resistor telah benar.

Step 3: Memasang Transformator

Terakhir, pasang transformator CT 12V/220V pada papan rangkaian dan solder kaki-kakinya dengan hati-hati. Pastikan posisi kaki transformator telah benar dan terhubung dengan baik dengan rangkaian yang lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana

3. Uji Coba Rangkaian Inverter

Setelah rangkaian inverter selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba. Pasang transformator pada sumber daya DC 12V dan hubungkan ujung-ujung keluaran transformator dengan peralatan rumah tangga yang ingin digerakkan. Jika inverter berhasil, maka peralatan rumah tangga tersebut akan menyala seperti biasa.

FAQ

1. Kenapa inverter DC to AC perlu dibuat?

Inverter DC to AC perlu dibuat untuk mengubah arus DC yang biasanya dihasilkan oleh baterai menjadi arus AC yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan rumah tangga seperti lampu, kipas angin, dan lain sebagainya.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat inverter DC to AC sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat inverter DC to AC sederhana relatif murah, sekitar Rp 200.000,- saja.

3. Apakah inverter DC to AC sederhana dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan rumah tangga yang besar?

Tergantung pada kapasitas transformator yang digunakan. Inverter DC to AC sederhana dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan rumah tangga kecil hingga menengah.

4. Apakah inverter DC to AC sederhana aman digunakan?

Inverter DC to AC sederhana aman digunakan jika dalam penggunaannya telah memperhatikan faktor keamanan dan penggunaannya sudah sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah cara membuat inverter DC to AC sederhana yang dapat kamu praktekkan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di website kami. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Inverter DC to AC Sederhana