Cara Membuat ID Card Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat ID card sederhana. ID card adalah kartu identitas yang biasanya digunakan untuk keperluan kantor atau acara tertentu. Dengan membuat ID card sederhana sendiri, kamu bisa menghemat biaya dan waktu. Yuk, simak caranya!

1. Pilih Bahan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih bahan untuk membuat ID card. Beberapa bahan yang biasa digunakan antara lain:

Bahan
Kelebihan
Kekurangan
Kertas HVS
Mudah didapat, harga terjangkau
Tidak tahan air, mudah rusak
PVC
Tahan air, awet
Lebih mahal dibanding kertas HVS
Kartu Plastik
Beragam warna dan desain, tahan lama
Paling mahal dibanding bahan lainnya

Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin membuat ID card yang awet, disarankan menggunakan PVC atau kartu plastik.

2. Buat Desain ID Card

Setelah memilih bahan, langkah selanjutnya adalah membuat desain ID card yang akan dibuat. Kamu bisa menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Berikut tips dalam membuat desain ID card:

  1. Gunakan warna sesuai dengan tema atau identitas perusahaan/acara.
  2. Tambahkan informasi yang perlu ditampilkan, seperti nama, jabatan, foto, dan nomor identitas.
  3. Tata letak informasi dengan rapi agar mudah dibaca.

Setelah desain selesai, cetaklah desain tersebut sesuai dengan ukuran ID card yang diinginkan.

3. Potong Bahan

Dalam membuat ID card, kamu perlu memotong bahan sesuai dengan ukuran ID card yang diinginkan. Gunakan alat potong seperti cutter atau gunting dengan hati-hati agar hasilnya rapi.

4. Tempel Desain pada Bahan

Setelah bahan dipotong sesuai ukuran, langkah selanjutnya adalah menempelkan desain pada bahan. Gunakan lem khusus untuk PVC atau lem tembak untuk kertas HVS. Pastikan lem menempel dengan sempurna agar tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena TV Sederhana dari Kaleng

5. Laminasi ID Card

Setelah menempelkan desain pada bahan, langkah terakhir adalah melaminasi ID card. Laminasi bertujuan agar ID card lebih awet dan tahan lama. Kamu bisa menggunakan mesin laminasi atau membawanya ke tempat jasa laminasi terdekat.

FAQ

Apa saja yang perlu ditampilkan pada ID card?

Beberapa informasi yang perlu ditampilkan pada ID card antara lain:

  • Nama
  • Foto
  • Jabatan
  • Nomor identitas

Apakah bisa membuat ID card tanpa desain?

Tentu saja bisa. Kamu bisa membuat ID card sederhana dengan menuliskan informasi yang perlu ditampilkan langsung pada bahan kartu.

Berapa biaya untuk membuat ID card sederhana?

Biaya untuk membuat ID card sederhana tergantung dari bahan yang digunakan dan tempat jasa laminasi yang dipilih. Namun, secara rata-rata, biaya untuk membuat satu ID card sederhana adalah sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000.

Penutup

Itulah cara membuat ID card sederhana. Dengan membuat ID card sendiri, kamu bisa menghemat biaya dan waktu. Jangan lupa pilih bahan yang sesuai dan buat desain yang menarik. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat ID Card Sederhana