Cara Membuat Ice Cream Sederhana Tanpa Mesin

Cara Membuat Ice Cream Sederhana Tanpa Mesin – Jurnal Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Bagaimana dengan cuaca di kota kamu? Apapun cuacanya, rasanya akan lebih nikmat jika kita punya camilan yang menyegarkan seperti ice cream. Nah, kali ini kita akan belajar cara membuat ice cream sederhana tanpa mesin. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan ice cream, pastikan terlebih dahulu kamu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Susu cair
250 ml
Gula pasir
50 gram
Vanilla essence
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Es batu
Secukupnya

Nah, setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat ice cream sederhana ini. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah-langkah Pembuatan

1. Campurkan Susu Cair dan Gula Pasir

Pertama-tama, tuangkan susu cair ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan gula pasir ke dalam susu tersebut. Aduk hingga gula larut sempurna dalam susu.

2. Tambahkan Vanilla Essence dan Garam

Selanjutnya, tambahkan vanilla essence dan garam ke dalam campuran susu dan gula pasir tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Dinginkan Campuran Susu

Setelah semua bahan tercampur, dinginkan campuran susu dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit atau hingga dingin sempurna. Hal ini bertujuan untuk membuat adonan ice cream lebih mudah dibentuk nanti.

4. Blender Adonan dengan Es Batu

Setelah campuran susu dingin, siapkan blender atau mixer. Masukkan adonan susu ke dalam blender, kemudian tambahkan beberapa butir es batu. Blender adonan hingga tekstur menjadi kental dan lembut seperti ice cream.

5. Sajikan Ice Cream Sederhana Tanpa Mesin

TRENDING 🔥  Cara Membuat Trambulan Sederhana

Terakhir, tuangkan adonan ice cream ke dalam wadah atau gelas saji. Tambahkan topping kesukaan kamu seperti cokelat serut atau kacang-kacangan. Ice cream sederhana tanpa mesin siap disajikan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Apakah bisa menggunakan susu non-fat untuk membuat ice cream sederhana?

Tentu saja bisa. Namun, susu non-fat akan menghasilkan ice cream yang kurang creamy dan lembut dibandingkan dengan susu cair biasa.

2. Apakah bisa menggunakan gula halus atau gula icing untuk membuat ice cream sederhana?

Bisa, namun kamu harus hati-hati dalam mengukur takarannya karena gula halus atau gula icing lebih mudah larut dalam susu dibandingkan dengan gula pasir biasa. Sebaiknya gunakan takaran yang lebih sedikit dari resep aslinya.

3. Apakah harus menggunakan vanilla essence?

Tidak harus. Kamu bisa mengganti vanilla essence dengan bahan lain seperti pasta stroberi atau bubuk matcha untuk memberikan rasa yang berbeda pada ice cream sederhana kamu.

4. Apakah bisa menambahkan potongan buah ke dalam ice cream sederhana?

Bisa. Kamu bisa menambahkan potongan buah kesukaan kamu ke dalam adonan sebelum blender. Namun, pastikan buah tersebut sudah dipotong kecil-kecil agar mudah tercampur dalam adonan.

5. Apakah bisa menyimpan ice cream sederhana dalam kulkas?

Bisa, namun ice cream sederhana yang disimpan dalam kulkas akan menjadi lebih keras dibandingkan dengan saat pertama kali dihasilkan. Sebaiknya, nikmati ice cream sederhana secara langsung setelah dibuat.

Kesimpulan

Nah, itulah cara mudah membuat ice cream sederhana tanpa mesin. Kamu bisa membuatnya kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu pergi ke toko ice cream. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan topping sesuai dengan selera. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Orang-orangan yang Bergerak dari Mesin Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Ice Cream Sederhana Tanpa Mesin