Cara Membuat Ice Cream Sederhana di Rumah

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan es krim? Ya, es krim memang menjadi minuman favorit banyak orang. Namun, seringkali kita harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk bisa menikmati es krim di kedai atau restoran tertentu. Apakah Sobat Sederhana ingin mencoba membuat es krim sendiri di rumah? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pengenalan

Es krim adalah minuman beku yang terbuat dari campuran susu, telur, gula, dan berbagai bahan lain yang diolah dengan cara khusus. Setiap orang pasti menginginkan es krim yang lezat dan creamy dengan rasa yang pas di lidah. Namun, pembelian es krim di supermarket atau kedai es krim terkadang tidak sesuai dengan selera dan preferensi kita.

Untuk itu, membuat es krim sendiri di rumah bisa menjadi alternatif yang baik. Selain lebih hemat biaya, Sobat Sederhana juga bisa menyesuaikan rasa dan tekstur es krim sesuai dengan selera. Tidak perlu takut sulit, karena di artikel ini kita akan membahas cara membuat es krim sederhana yang mudah diikuti dan hasilnya juga enak!

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan berikut:

500 ml susu cair
4 kuning telur
125 gram gula pasir
1 sendok teh vanili bubuk
300 ml whipped cream (kocok)
Bahan tambahan (misalnya cokelat batangan, buah-buahan, kacang, dll)

Langkah Pembuatan

1. Siapkan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan siap digunakan.

2. Campurkan Susu dan Gula

Setelah semua bahan tersedia, campurkan susu cair dan gula pasir ke dalam panci. Aduk-aduk hingga gula larut dan campuran terlihat homogen.

TRENDING 🔥  Cara Masak Sop Ayam Sederhana

3. Panaskan Mixture

Panaskan campuran susu dan gula di atas api kecil. Aduk-aduk terus hingga campuran mendidih. Kemudian, matikan api dan biarkan campuran dingin selama beberapa menit.

4. Tambahkan Kuning Telur

Pukul kuning telur hingga lembut menggunakan mixer atau garpu. Setelah itu, tambahkan kuning telur ke dalam campuran susu-gula. Aduk hingga bahan tercampur rata.

5. Rebus Kembali

Setelah semua bahan tercampur, panaskan campuran di atas api sedang. Aduk secara terus-menerus hingga campuran mulai mengental. Pastikan tidak terlalu lama atau terlalu panas agar kuning telur tidak menggumpal. Kemudian, angkat campuran dari kompor dan dinginkan.

6. Tambahkan Whipped Cream dan Bahan Tambahan

Setelah campuran dingin, tambahkan whipped cream dan vanili bubuk. Aduk hingga tercampur rata. Selain itu, Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan tambahan seperti cokelat batangan, buah-buahan, atau kacang sesuai selera.

7. Tuang ke Dalam Wadah

Setelah semua bahan tercampur rata, tuang campuran ke dalam wadah. Pastikan wadah yang digunakan sudah bebas dari bau atau rasa yang tidak diinginkan. Kemudian, tutup wadah dengan rapat menggunakan plastik wrap dan simpan dalam freezer selama beberapa jam hingga beku.

8. Sajikan dan Nikmati

Selamat! Es krim sederhana buatan Sobat Sederhana siap dinikmati. Ambil es krim dari freezer dan biarkan sebentar hingga sedikit lembut. Kemudian, sajikan dalam mangkuk atau cone es krim. Es krim sederhana buatan sendiri ini cocok dinikmati bersama teman atau keluarga tercinta.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus menggunakan whisk atau mixer untuk membuat es krim?

Whisk atau mixer mempermudah adonan tercampur rata dan memudahkan proses pencampuran. Namun, Sobat Sederhana bisa mencampurkan bahan-bahan tersebut menggunakan garpu atau sendok sebagai pengganti.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Underbone Sederhana

2. Apakah bahan tambahan wajib ditambahkan?

Tidak harus. Bahan tambahan seperti cokelat batangan atau buah-buahan hanyalah sebagai pemanis atau pelengkap rasa untuk es krim yang dihasilkan.

3. Berapa lama es krim bisa disimpan dalam freezer?

Es krim dapat disimpan dalam freezer selama 2-3 minggu tergantung kepadatan dan tekstur es krim yang dihasilkan.

4. Apakah ada bahan yang bisa diganti atau dihilangkan?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa mengganti atau menghilangkan bahan tertentu sesuai dengan selera atau ketersediaan bahan di rumah. Namun, pastikan tidak mengganggu proporsi dan rasio bahan yang digunakan agar hasil es krim tetap enak.

5. Bisakah mengganti susu cair dengan susu kental manis?

Tidak bisa. Susu kental manis memiliki rasa yang lebih manis dan terlalu kental untuk digunakan sebagai bahan dasar es krim. Gunakanlah susu cair yang masih segar agar hasil es krim lebih enak.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat es krim sederhana di rumah. Meskipun sederhana, tapi rasanya tidak kalah lezat dari es krim yang dijual di kedai atau restoran mahal. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bahan tambahan yang ada!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Ice Cream Sederhana di Rumah