Cara Membuat Gulai Ayam Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka masakan khas Indonesia? Salah satu masakan yang paling digemari adalah gulai ayam. Namun, seringkali cara membuat gulai ayam terlihat rumit dan sulit. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan resep dan langkah-langkah mudah dalam membuat gulai ayam sederhana yang enak dan lezat.

Bahan-bahan

Sebelum memulai memasak, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Ayam
1 kg, potong-potong
Kentang
2 buah, ukuran sedang
Santan
500 ml
Bawang putih
5 siung, cincang halus
Bawang merah
10 siung, cincang halus
Cabe merah
5 buah, iris tipis
Cabe hijau
5 buah, iris tipis
Jahe
1 ruas jari, memarkan
Kunyit
2 ruas jari, memarkan
Serai
2 batang, memarkan
Daun salam
2 lembar
Gula merah
1/2 ons, serut halus
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah

1. Tumis bumbu halus

Pertama-tama, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dicincang halus hingga harum. Kemudian, masukkan jahe, kunyit, daun salam, serai, dan cabe merah dan hijau yang sudah diiris tipis. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan harum.

2. Masukkan ayam

Setelah bumbu halus sudah harum, masukkan potongan ayam yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga semua bagian ayam tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan sedikit air jika dibutuhkan.

3. Tambahkan santan

Setelah ayam tercampur rata dengan bumbu, tambahkan santan ke dalam panci. Aduk-aduk hingga santan meresap ke dalam bumbu dan ayam. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya sesuai dengan selera.

4. Masukkan kentang

Ketika gulai ayam hampir matang, masukkan kentang yang sudah dipotong dadu. Aduk-aduk dan biarkan kentang matang hingga empuk.

5. Sajikan

Cicipi dan tes rasa gulai ayam sederhana yang sudah anda buat. Jika sudah sesuai dengan selera, angkat dan sajikan di atas piring. Gulai ayam sederhana siap disantap!

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Akar 765: Tips Mudah dan Efektif

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah kentang bisa diganti dengan bahan lain?

Tentu saja! Anda bisa mengganti kentang dengan sayuran atau bahan lain yang disukai seperti ubi, labu, atau wortel. Namun, pastikan untuk memasak sayuran atau bahan lain tersebut pada saat yang tepat agar tidak overcook atau undercook.

2. Bisakah saya menggunakan ayam tanpa tulang?

Bisa. Namun, menggunakan ayam yang masih memiliki tulang akan memberikan rasa yang lebih nikmat dan kuah gulai yang lebih kental.

3. Apakah santan harus digunakan?

Tidak harus. Jika anda tidak menyukai santan, anda bisa menggantinya dengan susu cair atau kaldu ayam.

4. Bagaimana cara menyajikan gulai ayam?

Gulai ayam sederhana bisa disajikan dengan nasi putih atau ketupat. Anda juga bisa menambahkan pelengkap seperti kerupuk atau sambal untuk meningkatkan cita rasa.

5. Berapa lama gulai ayam bisa disimpan di dalam kulkas?

Gulai ayam bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Pastikan untuk membungkusnya dengan rapat agar tidak terkena udara yang dapat mempercepat pembusukan.

Kesimpulan

Demikianlah resep gulai ayam sederhana yang bisa anda coba di rumah. Mudah bukan? Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang simpel, anda bisa membuat masakan khas Indonesia yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Gulai Ayam Sederhana