Cara Membuat Ground Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ground sederhana. Sebelum kita memulai, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ground.

Pengertian Ground

Ground atau biasa disebut dengan tanah adalah koneksi listrik yang penting untuk menjaga keselamatan manusia pada saat terjadi konsleting atau arus pendek. Ground juga berfungsi untuk menyalurkan arus listrik yang berlebih ke bumi agar tidak mengganggu sistem kelistrikan dan peralatan listrik lainnya.

Untuk membuat ground sederhana, Sobat Sederhana memerlukan beberapa peralatan dan bahan seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Item
Jumlah
Kabel tembaga berukuran 6 mm
5 meter
Busbar tembaga 3 x 9 mm
2 buah
Grounding rod 8 kaki
1 buah
Clamps tembaga
2 buah
Busbar holder
2 buah
Concrete mix
2 kantong
Copper mesh
1 buah
Bor listrik
1 buah
Paku tembok
4 buah

Langkah-langkah Membuat Ground Sederhana

1. Persiapkan Lokasi

Langkah pertama dalam membuat ground sederhana adalah menentukan lokasi dimana ground akan ditempatkan. Lokasi ground harus diletakkan di tempat yang mudah diakses dan jauh dari sumber air dan saluran listrik utama.

Setelah itu, kita siapkan galian dengan kedalaman 8 kaki dan lebar 1 kaki. Pastikan dinding galian cukup kuat untuk menahan tekanan tanah saat diisi dengan beton.

2. Pasang Ground Rod

Langkah selanjutnya adalah memasukkan grounding rod ke dalam lubang yang sudah dibuat. Ukur panjang grounding rod dan pastikan kedalaman yang dimasukkan ke dalam tanah adalah 4 kaki.

3. Pasang Clamps Tembaga

Setelah ground rod dipasang, pasang clamps tembaga pada grounding rod dan hubungkan dengan kabel tembaga berukuran 6 mm.

4. Pasang Busbar Tembaga

Pasang busbar tembaga 3 x 9 mm pada sisi yang terhubung dengan kabel tembaga. Gunakan busbar holder untuk memasangnya pada dinding galian.

TRENDING 🔥  Cara Buat Setrum Nyamuk Sederhana

5. Padatkan Beton Secara Merata

Setelah semua bahan sudah terpasang dengan baik, kita mulai mengisi galian dengan beton secara merata. Pastikan beton sudah terpadat sebelum mengganti tanahnya kembali.

6. Pasang Copper Mesh pada Tanah

Setelah beton mengering, pasang copper mesh pada tanah di atas beton. Pastikan copper mesh menutupi seluruh area tanah di atas beton.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan ground?

Ground atau biasa disebut dengan tanah adalah koneksi listrik yang penting untuk menjaga keselamatan manusia pada saat terjadi konsleting atau arus pendek. Ground juga berfungsi untuk menyalurkan arus listrik yang berlebih ke bumi agar tidak mengganggu sistem kelistrikan dan peralatan listrik lainnya.

2. Apakah ground harus dikoneksikan dengan seluruh peralatan listrik?

Tidak seluruh peralatan listrik harus dikoneksikan dengan ground. Peralatan listrik yang memiliki casing logam atau terbuat dari bahan konduktor harus terkoneksi dengan ground.

3. Apakah ground harus diuji secara berkala?

Ya, ground harus diuji secara berkala untuk memastikan koneksi masih baik dan aman digunakan.

4. Berapa sering ground harus diuji?

Ground harus diuji setidaknya setiap tahun atau setelah terjadi perubahan cuaca yang ekstrem.

5. Jika tidak membuat ground, apakah akan berbahaya bagi manusia dan peralatan listrik?

Ya, tanpa ground dapat menyebabkan bahaya listrik bagi manusia dan juga merusak peralatan listrik.

Penutup

Demikianlah cara membuat ground sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Sobat Sederhana dapat membuat ground sendiri di rumah dengan mudah dan aman. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ground Sederhana