Cara Membuat Greenhouse Sederhana dari Bambu

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat greenhouse sederhana dari bambu. Greenhouse atau rumah kaca adalah tempat yang ideal untuk menumbuhkan tanaman. Greenhouse dapat membantu Anda mengontrol suhu dan kelembaban, sehingga tanaman Anda tumbuh dengan sehat dan subur. Namun, greenhouse yang dijual di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, kami akan memberikan cara membuat greenhouse sederhana dan murah menggunakan bambu. Yuk, simak cara membuatnya!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat greenhouse, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Bambu
30 batang dengan panjang 2 meter
Plastik UV
6 x 8 meter
Tali rafia
10 meter
Palu
1 buah
Paku
24 buah
Gunting
1 buah

Dengan bahan dan alat yang sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat greenhouse sederhana dari bambu.

2. Membuat Kerangka Greenhouse

Langkah pertama adalah membuat kerangka greenhouse dari bambu. Kerangka ini akan berfungsi sebagai bingkai rumah kaca yang nantinya akan ditutup dengan plastik UV. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Membuat Tiang Tengah

Pertama-tama, ambil 3 batang bambu dengan panjang 2 meter. Letakkan dua batang bambu membentuk huruf V dan satu batang di tengah sebagai penghubung. Kencangkan dengan tali rafia. Lakukan hal yang sama untuk tiang tengah lainnya.

b. Membuat Tiang Tepi

Setelah tiang tengah selesai, ambil 4 batang bambu dengan panjang 2 meter. Letakkan dua batang bambu paralel pada jarak sekitar 1 meter. Letakkan dua batang bambu lainnya di kedua ujung, membentuk segi empat. Kencangkan dengan tali rafia. Lakukan hal yang sama untuk tiang tepi lainnya.

c. Menggabungkan Tiang Tengah dan Tiang Tepi

Selanjutnya, hubungkan tiang tengah dan tiang tepi dengan membentangkan batang bambu di atasnya. Pastikan batang bambu tersebut terletak pada jarak yang sama. Kencangkan dengan tali rafia. Lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Tumpeng Nasi Kuning Sederhana

d. Membuat Atap dan Dinding

Setelah kerangka selesai, mulailah menutupi kerangka dengan plastik UV. Gunakan paku untuk menahan plastik ke kerangka bambu. Pastikan plastik terbentang dengan rapi di atas atap dan di sisi dinding greenhouse.

3. Menempatkan Tanaman di dalam Greenhouse

Setelah greenhouse selesai dibuat, kita bisa menempatkan tanaman di dalamnya. Pastikan tanaman yang ditanam adalah tanaman yang cocok dengan kondisi greenhouse.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan plastik UV?

Plastik UV adalah plastik yang memiliki kemampuan untuk memfilter sinar ultraviolet. Plastik ini sangat cocok digunakan untuk menutupi greenhouse karena dapat membantu mengatur suhu dan kelembaban di dalam greenhouse.

2. Apakah bambu yang digunakan harus berukuran 2 meter?

Tidak harus persis 2 meter, yang penting ukuran bambu harus sama untuk menghasilkan kerangka yang rapi dan simetris.

3. Apakah greenhouse dari bambu tahan lama?

Tergantung pada kualitas bambu dan kecermatan dalam membuatnya. Dengan perawatan yang baik, greenhouse dari bambu dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Penutup

Itulah cara membuat greenhouse sederhana dari bambu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin memiliki greenhouse sendiri. Jangan lupa berbagi artikel ini kepada teman-teman yang membutuhkannya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Greenhouse Sederhana dari Bambu