Cara Membuat Gorengan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa sih yang tidak suka gorengan? Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya enak sebagai camilan, gorengan juga cocok disajikan sebagai menu sarapan atau makan malam. Namun, terkadang kita kesulitan mencari gorengan yang pas di lidah atau terlalu sulit untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu, kali ini kita akan berbagi cara membuat gorengan sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Simak yuk!

Langkah Pertama: Siapkan Bahan

Sebelum memulai membuat gorengan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan gorengan antara lain tepung terigu, telur, garam, merica, atau bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera. Selain itu, kamu juga memerlukan minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng gorengan dengan baik.

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam membuat gorengan. Pilihlah tepung terigu yang berkualitas dan tepung yang sudah terigu protein tinggi dengan kadar protein 12% – 14%, seperti segitiga biru atau kunci biru. Jangan gunakan tepung terigu yang proteinnya rendah karena gorengan akan mudah hancur saat digoreng.

Telur

Telur adalah bahan penting dan sering digunakan dalam membuat gorengan. Telur digunakan untuk membuat adonan gorengan menjadi lebih padat dan memberikan rasa yang enak. Kamu bisa memilih antara menggunakan 1 atau 2 butir telur sesuai dengan jumlah adonan yang dibuat.

Bumbu-bumbu

Untuk memberikan rasa yang lebih enak pada gorengan, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, bawang putih, atau bawang merah. Sesuaikan bumbu yang digunakan dengan selera masing-masing.

Langkah Kedua: Membuat Adonan

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan gorengan. Adonan gorengan terdiri dari tepung terigu, telur, dan bumbu-bumbu. Cara membuat adonan gorengan sederhana sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Adonan Pastel Sederhana

1. Siapkan wadah

Siapkan wadah untuk mencampurkan semua bahan. Kamu bisa menggunakan mangkuk atau wadah plastik.

2. Campurkan bahan

Masukkan tepung terigu ke dalam wadah, lalu tambahkan telur dan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

3. Tambahkan air

Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan menjadi kental. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Langkah Ketiga: Menggoreng Gorengan

Setelah adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah menggoreng gorengan. Berikut ini cara menggoreng gorengan sederhana:

1. Panaskan minyak

Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang hingga suhu mencapai 160-170 derajat Celcius.

2. Bentuk adonan

Bentuk adonan gorengan sesuai dengan bentuk yang diinginkan, misalnya bola-bola kecil atau dadu kecil. Kamu bisa menggunakan sendok atau tangan untuk membentuk adonan.

3. Goreng adonan

Setelah adonan dibentuk, masukkan ke dalam minyak goreng. Goreng adonan hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa balik adonan secara perlahan agar matang merata.

4. Tiriskan

Saat gorengan sudah matang, angkat dan tiriskan di atas kertas minyak atau tissue dapur untuk menghilangkan minyak berlebih pada gorengan.

FAQ Cara Membuat Gorengan Sederhana

Pertanyaan
Jawaban
Apakah tepung terigu yang digunakan harus protein tinggi?
Ya, pilihlah tepung terigu yang proteinnya tinggi agar gorengan tidak mudah hancur saat digoreng.
Berapa banyak telur yang harus digunakan dalam adonan gorengan?
Kamu bisa menggunakan 1 atau 2 butir telur sesuai dengan jumlah adonan yang dibuat.
Berapa suhu minyak yang tepat untuk menggoreng gorengan?
Suhu yang tepat untuk menggoreng gorengan sekitar 160-170 derajat Celcius.
Bagaimana cara mengetahui adonan gorengan sudah kental atau belum?
Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan menjadi kental. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.
Bagaimana jika tidak memiliki minyak goreng yang cukup banyak?
Tidak masalah, cukup gunakan minyak goreng yang cukup untuk menutupi seluruh adonan gorengan.
TRENDING 🔥  Pondasi Tentang Distribusi Tegangan Didalam Tanah Cara Analisa Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Gorengan Sederhana