Cara Membuat Gorden Sederhana

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan suasana rumah yang indah dan nyaman? Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang indah adalah dengan mengganti gorden di rumah Anda. Namun, terkadang gorden yang dijual di pasaran terlalu mahal atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan panduan cara membuat gorden sederhana dengan mudah dan murah.

1. Menentukan Ukuran Gorden

Langkah pertama adalah menentukan ukuran gorden yang Anda inginkan. Ukur jendela atau pintu yang ingin Anda pasangi gorden dengan teliti dan tambahkan beberapa sentimeter sesuai dengan preferensi Anda.

Setelah itu, belilah kain yang sesuai dengan ukuran yang Anda tentukan. Pastikan kain yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik agar gorden dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Kemudian, siapkan alat-alat seperti penggaris, gunting, dan benang untuk memulai proses pembuatan gorden.

2. Membuat Pola Gorden

Setelah menentukan ukuran kain yang dibutuhkan untuk gorden, langkah selanjutnya adalah membuat pola gorden. Pola ini akan menjadi panduan saat memotong kain.

Pertama, lukis pola gorden pada selembar kertas. Pola yang dibuat harus sesuai dengan ukuran kain yang telah Anda beli. Jika Anda kesulitan membuat pola sendiri, Anda bisa mencari pola di internet atau meminta bantuan dari teman atau keluarga.

Setelah membuat pola gorden, gunakan gunting untuk memotong kain sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

3. Menjahit Gorden

Setelah memotong kain menjadi bentuk gorden, langkah selanjutnya adalah menjahit gorden. Jahit kain dengan sisi kanan menghadap ke dalam untuk membuat lipatan.

Setelah jahitan selesai, balikkan gorden ke luar dan rapihkan dengan setrika. Kemudian, tambahkan kait gorden di bagian atas untuk memasang gorden pada jendela atau pintu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sempol Tahu Sederhana

4. Membuat Hiasan pada Gorden

Jika Anda ingin membuat gorden yang lebih menarik, Anda bisa menambahkan hiasan pada gorden. Beberapa hiasan yang dapat ditambahkan pada gorden adalah renda, pita, atau aplikasi.

Untuk menambahkan hiasan, Anda bisa menjahitnya pada kain gorden sebelum dijahit. Pastikan hiasan yang Anda tambahkan sesuai dengan tema atau warna ruangan Anda.

5. Merawat Gorden

Setelah membuat gorden, pastikan Anda merawatnya dengan baik agar tetap terlihat indah dan terawat. Cara merawat gorden yang tepat adalah dengan mencucinya secara teratur dan setrika dengan suhu yang sesuai.

Jika gorden terkena noda, segera bersihkan dengan detergen dan air dingin. Hindari pemakaian pemutih atau bahan kimia lainnya yang dapat merusak kain gorden.

FAQ

1.
Apakah saya perlu menggunakan mesin jahit untuk membuat gorden?
Jawaban:
Tidak, Anda bisa menjahit gorden dengan tangan. Namun, menggunakan mesin jahit akan mempercepat proses pembuatan gorden.
2.
Berapa lama membuat gorden?
Jawaban:
Waktu yang dibutuhkan untuk membuat gorden tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan gorden yang akan dibuat. Namun, rata-rata proses pembuatan gorden bisa dilakukan dalam waktu kurang lebih 3-4 jam.
3.
Apakah saya bisa menggunakan kain yang sudah ada untuk membuat gorden?
Jawaban:
Tentu saja. Jika Anda memiliki kain yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat gorden yang baru.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah panduan cara membuat gorden sederhana yang mudah dan murah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat gorden yang indah dan sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk merawat gorden dengan baik agar tetap terlihat indah dan awet. Terima kasih telah membaca, Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Virus Sederhana di Flashdisk

Cara Membuat Gorden Sederhana