Cara Membuat Gilingan Tepung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat gilingan tepung yang sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Tidak perlu membeli gilingan tepung yang mahal, karena kita dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan gilingan tepung, pastikan kita telah menyiapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat
Bahan
Palu
Tepung beras
Papan
Lem tikus
Pisau
Kain saring
Bor
Kayu

Pastikan semua bahan dan alat sudah diperoleh sebelum memulai proses pembuatan gilingan tepung.

2. Membuat Bahan Dasar Gilingan Tepung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bahan dasar gilingan tepung. Caranya adalah dengan mengambil kayu yang cukup tebal dan panjang, lalu potong menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Kemudian, buat lubang di tengah kayu dengan menggunakan bor. Setelah itu, satukan kedua bagian kayu yang telah dibor dengan menggunakan lem tikus.

Setelah menggabungkan kedua bagian kayu, tempelkan kain saring pada salah satu sisi kayu dengan menggunakan lem tikus. Pastikan kain saring menempel dengan erat pada kayu.

3. Membuat Pangkal Gilingan Tepung

Selanjutnya, kita perlu membuat pangkal atau pegangan pada gilingan tepung. Caranya adalah dengan mengambil kayu dengan ukuran yang lebih kecil dan potong menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Kemudian, beri lubang pada kedua bagian kayu tersebut dan satukan dengan menggunakan lem tikus.

Setelah itu, pasangkan pangkal pada gilingan tepung dengan cara menempelkannya pada salah satu sisi kayu yang telah diberi kain saring. Pastikan pangkal terpasang dengan kokoh dan erat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Ayam Teriyaki Sederhana

4. Memasang Palu pada Gilingan Tepung

Langkah selanjutnya adalah memasang palu pada gilingan tepung. Caranya adalah dengan mengambil pisau dan potong kayu dengan ukuran yang cukup panjang dan tebal. Kemudian, asah ujung kayu tersebut agar lebih runcing dan mudah digunakan untuk menggerus tepung.

Setelah itu, pasangkan palu pada gilingan tepung dengan menempelkannya pada salah satu sisi kayu yang telah diberi kain saring. Pastikan palu terpasang dengan kokoh dan aman agar tidak mudah lepas saat digunakan.

5. Menggunakan Gilingan Tepung

Setelah semua bahan dan alat telah siap, gilingan tepung siap digunakan. Caranya adalah dengan mengisi tepung beras pada kain saring di atas gilingan tepung. Kemudian, gunakan palu untuk menghancurkan tepung beras hingga menjadi serbuk tepung yang halus.

Ulangi langkah ini hingga semua tepung beras habis dan menjadi serbuk tepung yang halus. Gilingan tepung siap digunakan untuk membuat berbagai jenis kue dan masakan yang membutuhkan tepung halus.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat gilingan tepung?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gilingan tepung antara lain kayu, lem tikus, kain saring, dan tepung beras.

2. Apakah sulit membuat gilingan tepung sendiri?

Tidak, membuat gilingan tepung sendiri sangat mudah dan sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat gilingan tepung dengan mudah di rumah.

3. Apakah gilingan tepung yang dibuat sendiri sama dengan gilingan tepung yang dibeli di toko?

Ya, gilingan tepung yang dibuat sendiri sama dengan gilingan tepung yang dibeli di toko. Kita dapat menggunakan gilingan tepung yang dibuat sendiri untuk membuat berbagai jenis kue dan masakan yang membutuhkan tepung halus.

TRENDING 🔥  Cara Tampil Cantik Sederhana ke Sekolah

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat gilingan tepung?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat gilingan tepung sekitar 1-2 jam, tergantung pada kemampuan dan keahlian pembuatnya.

5. Apakah gilingan tepung dapat digunakan untuk menggiling tepung dari bahan lain selain tepung beras?

Ya, gilingan tepung dapat digunakan untuk menggiling tepung dari bahan lain seperti jagung, kacang-kacangan, dan biji-bijian lainnya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Gilingan Tepung Sederhana