Cara Membuat Gelas Ukur Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang cara membuat gelas ukur sederhana. Mungkin di antara Sobat Sederhana ada yang sedang belajar tentang ilmu kimia atau membutuhkan gelas ukur untuk keperluan lain. Nah, dengan membuat gelas ukur sendiri Sobat Sederhana bisa menghemat uang dan juga bisa menambah pengetahuan.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai tutorial, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut daftar bahan yang dibutuhkan:

Nama Bahan
Jumlah
Gelas plastik bening
1 buah
Benda kecil seperti biji-bijian
beberapa potong
Spidol permanen
1 buah
Air
secukupnya

Setelah bahan-bahan telah siap, kita bisa mulai membuat gelas ukur sederhana. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan gelas plastik bening dan benda kecil seperti biji-bijian. Benda kecil ini nantinya akan digunakan sebagai penanda pada gelas agar kita bisa mengetahui berapa banyak cairan yang sudah dituangkan.

Langkah Membuat

1. Menandai Gelas

Pertama, siapkan spidol permanen dan gunakan untuk menandai gelas plastik dengan skala pengukuran yang diinginkan, misalnya 100 ml, 200 ml, 300 ml, dan seterusnya. Pastikan penandaan tersedia dengan jelas dan mudah dibaca.

2. Mengisi Gelas dengan Air

Setelah gelas terpampang dengan tulisan skala pengukuran, selanjutnya adalah mengisi gelas dengan air secukupnya. Tambahkan sedikit biji-bijian ke dalam air agar kita bisa mengetahui berapa banyak cairan yang sudah dituangkan pada gelas. Biji-bijian nantinya akan mengapung pada permukaan air dan membantu kita dalam mengukur cairan.

3. Membaca Skala Pengukuran

Setelah gelas diisi dengan air dan biji-bijian, selanjutnya kita bisa mulai membaca skala pengukuran. Perhatikan posisi biji-bijian pada permukaan air dan lihat pada skala pengukuran di gelas. Perhatikan juga satuan pengukuran yang digunakan, misalnya ml atau liter. Dalam mengukur cairan dengan gelas ukur, pastikan kita membaca skala pengukuran hingga angka yang paling ujung terlihat dengan jelas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sup Jagung Sederhana

4. Membersihkan Gelas

Setelah selesai digunakan, bersihkan gelas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kain atau tisu. Pastikan gelas dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan kembali.

Tips dan Trik

Berikut adalah tips dan trik dalam membuat gelas ukur sederhana:

1. Menggunakan Gelas Plastik yang Berbahan Bening

Gunakan gelas plastik berbahan bening agar kita bisa membaca skala pengukuran dengan mudah. Jika menggunakan gelas plastik berbahan berwarna, akan sulit untuk membaca skala pengukuran.

2. Menggunakan Biji-Bijian yang Kecil

Gunakan biji-bijian yang kecil agar mudah dilihat pada permukaan air. Jika menggunakan benda yang terlalu besar, akan sulit untuk membaca skala pengukuran.

3. Membersihkan Gelas Setelah Digunakan

Pastikan kita membersihkan gelas setelah digunakan agar tidak terjadi kontaminasi pada pengukuran selanjutnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat gelas ukur sederhana:

1. Apakah gelas ukur sederhana bisa digunakan untuk mengukur semua jenis cairan?

Gelas ukur sederhana bisa digunakan untuk mengukur semua jenis cairan, namun pastikan gelas dalam keadaan bersih sebelum digunakan untuk pengukuran yang berbeda.

2. Apakah harus menggunakan biji-bijian untuk mengukur cairan?

Tidak harus menggunakan biji-bijian, kita bisa menggunakan benda kecil lainnya seperti potongan kertas atau plastik. Namun pastikan benda tersebut bisa terapung pada permukaan air.

3. Berapa kapasitas maksimum dari gelas ukur sederhana ini?

Hal ini tergantung pada ukuran gelas plastik yang digunakan. Namun, sebaiknya kita tidak mengisi gelas hingga penuh agar tidak terjadi tumpah atau kesulitan dalam membaca skala pengukuran.

Kesimpulan

Dengan tutorial di atas, Sobat Sederhana bisa membuat gelas ukur sederhana sendiri. Ingat untuk selalu membersihkan gelas setelah digunakan dan gunakan biji-bijian yang kecil agar mudah dilihat pada permukaan air. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Speaker USB Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Gelas Ukur Sederhana