Cara Membuat Filtrasi Air Sederhana

Halo Sobat Sederhana, artikel ini akan membahas tentang cara membuat filtrasi air sederhana. Filtrasi air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan air yang kita gunakan sehari-hari. Dengan membuat filtrasi air sederhana, kita bisa menghemat biaya dan mengurangi penggunaan botol plastik yang tidak ramah lingkungan.

Apa itu Filtrasi Air?

Filtrasi air adalah proses penyaringan air untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang berbahaya. Air yang telah di-filter akan menjadi lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Ada berbagai jenis filtrasi air yang tersedia, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks dan mahal. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat filtrasi air sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan.

Bagaimana Cara Membuat Filtrasi Air Sederhana?

Untuk membuat filtrasi air sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan bahan-bahan berikut:

Nama Bahan
Jumlah
Pasir
1 liter
Batu Kerikil
1 liter
Kain Kasa
2 lembar
Akar Kayu Manis
1 batang

Berikut adalah langkah-langkah membuat filtrasi air sederhana:

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah dengan ukuran yang sesuai dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan wadah tersebut bersih dan bebas dari kotoran.

2. Menyiapkan Bahan

Cuci bahan-bahan seperti pasir dan kerikil hingga bersih. Potong akar kayu manis menjadi beberapa bagian agar mudah dimasukkan ke dalam wadah.

3. Menyiapkan Lapisan Pertama

Letakkan kain kasa pertama di dasar wadah. Kemudian, tutupi dengan lapisan kerikil selama 10 cm. Pastikan kerikil merata dan tidak ada celah yang terbuka.

4. Menyiapkan Lapisan Kedua

Tambahkan lapisan pasir hingga setinggi 10 cm. Tekan pasir dengan lembut untuk memastikan tidak ada celah di antara pasir.

TRENDING 🔥  Cara Buat Brownies Bakar Sederhana

5. Menyiapkan Lapisan Ketiga

Tambahkan lagi lapisan kerikil hingga mencapai setinggi 10 cm. Pastikan kerikil merata dan tidak ada celah yang terbuka.

6. Menyiapkan Lapisan Terakhir

Letakkan kain kasa kedua sebagai lapisan terakhir. Pastikan kain kasa menutupi seluruh permukaan kerikil.

7. Memasukkan Akar Kayu Manis

Masukkan akar kayu manis ke dalam wadah. Akar kayu manis berfungsi untuk memperbaiki rasa dan aroma air yang telah difilter.

8. Menyaring Air

Saring air melalui wadah filtrasi yang telah dibuat. Pastikan air yang keluar sudah bersih dan bebas dari kotoran.

FAQ tentang Filtrasi Air Sederhana

1. Apakah filtrasi air sederhana aman untuk dikonsumsi?

Ya, dengan cara membuat filtrasi air sederhana seperti yang telah dijelaskan di atas membuat air menjadi lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

2. Apa yang dilakukan dengan bahan yang telah digunakan dalam filtrasi air?

Bahan-bahan yang telah digunakan dalam filtrasi air harus dibuang dan diganti setiap 2-3 bulan untuk menjaga kebersihan wadah filtrasi.

3. Apakah filtrasi air sederhana dapat menghilangkan bahan kimia berbahaya?

Filtrasi air sederhana dapat menghilangkan sebagian besar bahan kimia berbahaya, tetapi tidak dapat menghilangkan semua jenis bahan kimia. Oleh karena itu, air hasil filtrasi sebaiknya dijadikan sebagai air yang aman untuk dikonsumsi dalam waktu dekat dan tidak disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana telah mengetahui cara membuat filtrasi air sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Dengan membuat filtrasi air sederhana, kita dapat menghemat biaya dan mengurangi penggunaan botol plastik yang tidak ramah lingkungan. Jangan lupa mengganti bahan filtrasi setiap 2-3 bulan untuk menjaga kebersihan wadah filtrasi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Kerja Pompa Hidrolik Sederhana Tangan Robot

Cara Membuat Filtrasi Air Sederhana